Korupsi PDAM Rp2,9 miliar, Polres Karawang Segera Tetapkan Tersangka

Senin, 17 Februari 2020 - 14:19 WIB
Korupsi PDAM Rp2,9 miliar, Polres Karawang Segera Tetapkan Tersangka
Kasatreskrim Polres Karawang, AKP Bimantoro. SINDOnews/Nila Kusuma
A A A
KARAWANG - Polres Karawang bakal menetapkan tersangka kasus korupsi PDAM senilai Rp2,9 miliar setelah gelar perkara yang akan dilaksanakan minggu depan. Dari hasil pemeriksaan terhadap 27 orang saksi dan data yang dimiliki, penyidik memastikan akan ada tersangka lebih dari satu orang.

Hanya saja, siapa yang akan menjadi tersangka masih menunggu hasil gelar perkara. "Rencananya minggu depan kita akan lakukan gelar perkara untuk menetapkan tersangkanya. Hasil dari BPKP sudah ada, jadi kita tinggal gelar perkara menentukan tersangkanya," kata Kasatreskrim Polres Karawang, AKP Bimantoro Kurniawan, Senin (17/2/2020).

Menurut Bimantoro, penanganan kasus dugaan korupsi PDAM sudah memasuki tahap penyidikan. Penyidik selama ini menunggu hasil audit untuk melakukan gelar perkara sekaligus menetapkan tersangkanya. " Hasil BPKP sudah ada dan hari ini kita terima salinannya," ujarnya.

Bimantoro memastikan kasus yang sempat menghebohkan ini akan segera dituntaskan dan menetapkan tersangka. Dari hasil pemeriksaan dan alat bukti yang ada penyidik memperkirakan tersangka bisa lebih dari satu orang. Hanya saja dia tidak menyebut nama tersangkanya. "Nanti saja menunggu hasil gelar perkara, " sebutnya.

Sebelumnya Polres Karawang melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah pejabat PDAM Tirta Tarum Karawang terkait dugaan korupsi senilai Rp2,9 miliar. Kas PDAM mengeluarkan uang Rp2,9 miliar untuk membayar hutang pembelian air baku ke Perum Jasa Tirta (PJT) 2.

Hanya saja uang tersebut bukan langsung dibayarkan, malah dijadikan bancakan. Sejumlah pejabat PDAM termasuk pejabat Pemkab dan anggota DPRD disebut-sebut menerima uang tersebut. (Baca juga; Kejari Karawang Naikkan Status Korupsi Disdik dan Distan ke Tahap Penyidikan )
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.9294 seconds (0.1#10.140)