Km 118 Tol Cipularang Padat, Arus Kendaraan Dialihkan Keluar di Tol Baros

Minggu, 16 Februari 2020 - 21:37 WIB
Km 118 Tol Cipularang Padat, Arus Kendaraan Dialihkan Keluar di Tol Baros
Petugas Satlantas Polrestabes Bandung mengatur arus kendaraan yang padat merayap di Jalan Dr Djunjunan (Pasteur). Foto/Dok.Satlantas Polrestabes Bandung
A A A
BANDUNG - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polrestabes Bandung berkoordinasi dengan Polres Cimahi untuk mengalihkan arus kendaraan yang menuju Jakarta dialihkan keluar melalui gerbang Tol Baros dan GT Padalarang.

"Langkah antisipasi yang dilakukan untuk membantu masyarakat menghindari kepadatan di Km 118+600 Tol Cipularang, kami berkoordinasi dengan Polres Cimahi.Petugas mengalihan arus keluar gerbang Tol Baros Cimahi atau Padalarang. Kemudian masyarakat bisa melanjutkan perjalanan ke Jakarta melalui Cianjur," kata Kasat Lantas Polrestabes Bandung Kompol Bayu Catur Prabowo, Minggu (16/2/2020). (BACA JUGA: Hindari Bottle Neck di Km 118 Tol Cipularang, Ini Jalur Alternatif ke Jakarta )

Bayu mengemukakan, sosialisasi terkait kepadatan arus dan jalur alternatif ke Jakarta yang bisa digunakan dilakukan petugas melalui Area Traffic Control Sysem (ATCS) dan media sosial (medsos) Traffic Management Center (TMC) agar pengguna jalan yang akan ke Jakarta menggu akan jalur arteri alternatif ke Jakarta.

Diketahui, terjadi kepadatan kendaraan yang mengarah ke Jakarta di Km 118+600 tol Cipularang arah Jakarta. Kondisi ini terjadi sebagai imbas dari proyek perbaikan ruang milik jalan (rumija) Tol Cipularang pascalongsor di Kampung Hegarmanah, Desa Sukatani, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada Selasa 11 Februari 2020.

Akibat proyek tersebut, ruas Km 118+600 yang sebelumnya 4 lajur, kini menyempit menjadi 2 lajur. Sementara, volume kendaraan meningkat seiring arus balik weekend. (BACA JUGA: Ini Upaya yang Dilakukan Jasa Marga Atasi Longsor di Km 118 Tol Cipularang )

"Bahu jalan di ruas Km 118+600 jalur B Tol Cipularang ditutup dengan rambu dan rubbercone," kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Saptono Erlangga Waskitoroso.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3514 seconds (0.1#10.140)