alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

BUMD Jasa Sarana Segera Lepas Obligasi Syariah PT Jasa Medivest

Agung Bakti Sarasa
BUMD Jasa Sarana Segera Lepas Obligasi Syariah PT Jasa Medivest
Incenerator II Plant Dawuan, Karawang, fasilitas pengolahan limbah medis milik PT Jasa Medivest. Foto/Dok.PT Jasa Medivest

BANDUNG - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Jawa Barat, PT PT Jasa Sarana berencana menarik dana publik lewat pelepasan Sukuk (obligasi syariah) anak perusahaan PT Jasa Medivest.

Direktur Keuangan PT Jasa Sarana Mohammad Wais Fansuri mengatakan, BUMD Jasa Sarana berperan sebagai agent of development untuk mendukung pertumbuhan perekonomian di Jabar. Pelepasan obligasi syariah dinilai sebagai langkah tepat meraih pendanaan publik.

"Jasa Sarana akan mengusung PT Jasa Medivest sebagai pengelola limbah B3 medis yang proper, agar siap dijajal Sukuk dalam waktu dekat,” kata Wais Fansuri dalam keterangan resminya, Minggu (16/2/2020).



Skema keuangan yang dipilih Jasa Sarana rencananya berupa tipe instrumen Sukuk Ijarah PT Jasa Medivest I dan II. Pihaknya memproyeksikan, struktur Sukuk akan diupayakan tuntas dan dirilis pada 2021-2022.
 
Adapun kisaran nilai yang akan diterbitkan untuk PT Jasa Medivest antara lain nilai investasi incinerator 1 sebesar Rp30 miliar dan incinerator 2 sebesar Rp65 miliar.

"Ke depan, teknologi yang lebih maju akan diaplikasikan pasa pembangunan incinerator 3 dan 4 di Plant Dawuan, masing-masing akan bernilai investasi Rp75 miliar," sebut Fansuri.

Direktur Utama PT Jasa Sarana, Hanif Mantiq mengatakan, masih banyak rencana pengembangan bisnis yang bisa diunggulkan pihaknya dalam meraih pendanaan publik, misalnya pada bidang bisnis telematika, jalan tol, dan infrastruktur lainnya.

"Tidak lain, instrumen pendanaan infrastruktur tentunya akan jadi solusi dalam mengelola prospek bisnis sekaligus mendukung program pembangunan jangka menengah dan jangka panjang dari Pemprov Jawa Barat," jelasnya.

BUMD Jasa Sarana memiliki entry barrier yang sangat besar dan potensial. Kelak, aset strategis itu diharapkan mampu meningkatkan pertumbuhan perekonomian, khususnya di Jabar

"Kami Optimistis, proyeksi Sukuk PT Jasa Medivest selaku perusahaan anak dari BUMD Jasa Sarana kelak akan jadi primadona, sebagai upaya konkret mewujudkan creative financing, baik dari sektor perbankan ataupun non perbankan," katanya.

Diketahui, sebagai perusahaan pengelola limbah medis, PT Jasa Medivest memiliki fasilitas incinerator berbasis teknologi Stepped Heart Controlled Air dengan dua proses pembakaran dan ruang pembakaran bersuhu 1000-1200 derajat celcius serta dilengkapi alat kontrol polusi udara.

Mesin pembakaran tersebut mampu menetralkan emisi gas buang, seperti partikel-partikel, acid gas, toxic metal, organic compound, carbon dioksida (CO), dioxin dan furan. Sehingga, gas buang yang dihasilkan memenuhi parameter standar baku emisi internasional.



(abs)

preload video