alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Dilirik Buyer Luar, Fashionaxy 4.0 Target Transaksi Busana Muslim Rp3 Miliar

Arif Budianto
Dilirik Buyer Luar, Fashionaxy 4.0 Target Transaksi Busana Muslim Rp3 Miliar
Peragawati menampilkan busana muslim pada acara Fashionaxy 4.0 di kawasan Bandar Udara Husein Sastranegara Bandung. Foto/SINDOnews/Arif Budianto

BANDUNG - Panitia Fashionaxy 4.0 menargetkan mencatat transaksi hingga Rp3 miliar selama tiga hari pameran. Target tersebut optimistis tercapai karena melihat tingginya antusiasme buyer atau pembeli menghadiri pameran produk fesyen Jawa Barat itu.

Perwakilan Panitia Fashionaxy 4.0 Lina Sukijo mengatakan, pihaknya optimistis pameran Fashionaxy 4.0 selama tiga hari akan mencatat transaksi lebih dari Rp3 miliar. Hari pertama pameran, sejumlah pelaku usaha mencatat telah menjual ratusan produk.

"Untuk audiens pameran ini, kami undang buyer dari seluruh Indonesia. Badannya buyer dari Austria, Singapura, dan negara lainnya. Beberapa sudah tertarik untuk melakukan transaksi," kata Lina di kawasan Bandara Husein Sastranegara, Jumat (14/2/2020).



Namun, untuk buyer lokal, ujar dia, telah melakukan transaksi secara langsung. Beberapa booth telah berhasil menjual pakaian muslim dalam jumlah banyak. Dia memprediksi, minat buyer hingga akhir acara akan terus meningkat.

Lebih lanjut dia menjelaskan, event ini menampilkan produk unggulan UMKM yang ada di Jawa Barat dan nasional. Tujuannya agar produk mereka dikenal masyarakat luas. Karena salah satu persoalan pelaku UMKM adalah kesulitan dalam pemasaran.

"Sementara sekarang market busana muslim sedang bagus-bagusnya. Apalagi Indonesia jadi pusat kiblat busana muslim dunia. Jadi sayang, kalau kesempatan ini kita sia siakan," ujar dia.

Lina berharap, ajang ini menjadi momentum bagi pelaku usaha untuk serius menggarap pangsa pasar dalam negeri. Saat ini, pasar dalam negeri menjadi incaran banyak produsen dunia. Artinya, potensi menggarap pasar dalam negeri lebih terbuka, ketimbang mendahulukan ekspansi ke negara lain.

"Kita garap dalam negeri dulu. Kalau itu sudah tergarap, kami bisa bidik pasar luar negeri. Jangan sampai kami bidik luar, pasar dalam negeri justru dibidik produsen luar," tutur Lina.

Diketahui, event Fashionaxy 4.0 tahun 2020, digelar mulai hari ini hingga Minggu 16 Februari 2020. Menariknya, acara digelar di kawasan Bandar Udara Husein Sastranegara Bandung. Ajang ini mengusung tema Fashionaxy 4.0 : Aerospace Prosperity.

Selain menampilkan produk fesyen, kuliner, juga akan digelar acara menarik fashion show. Peragaan busana ini akan diadakan dengan latar belakang pesawat dan helikopter. Konsep yang baru ini diharapkan akan menyegarkan pilihan event fesyen di Indonesia khususnya Jawa Barat.



(awd)

preload video