Besok, Pemprov Jabar Gelar Salat Minta Hujan

Kamis, 04 Oktober 2018 - 11:37 WIB
Besok, Pemprov Jabar Gelar Salat Minta Hujan
Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - Pemprov Jawa Barat akan menggelar Salat Istisqa (Istiska) atau salat minta hujan di Lapangan Gasibu, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat 5 Oktober 2018.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, salat minta hujan tersebut sengaja digelar untuk mencegah meluasnya dampak kekeringan di Jabar. Menurut dia, selain melalui cara-cara yang bersifat duniawi, cara-cara spiritual juga harus diupayakan.

"Kita akan laksanakan Salat Istisqa, urusan dunia kita carikan, spiritual juga kita laksanakan, mudah-mudahan itu bisa memaksimalkan ikhtiar kita. Afdolnya hari Jumat ya, mungkin di Gasibu," ungkap Ridwan Kamil dalam keterangan tertulisnya, Kamis (3/10/2018).

Menurut Gubernur yang akrab disapa Emil itu, Salat Istisqa akan diikuti para pegawai di lingkungan Pemprov Jabar. Emil berharap, masyarakat pun turut serta dalam salat istisqa tersebut.

Emil mengatakan, berdasarkan pantauannya, sejumlah sungai besar di Jabar kini mengalami kekeringan. Kedalaman air Waduk Jatiluhur sudah menyusut lebih dari 8 meter. Bahkan, bagian dasar Waduk Jatigede pun sudah terlihat.

"Saya kemarin telah mengamati dari udara, memang sepanjang yang saya lihat sungai-sungai kering, Waduk Jatiluhur menyusut lebih dari 8 meter, Jatigede juga turun, bahkan bekas kampung juga terlihat lagi," papar Emil.

Dalam menghadapi musim kemarau ini, Emil pun mengimbau masyarakat untuk hemat dan lebih bijak dalam menggunakan air. Pihaknya juga telah menginstruksikan PDAM di kabupaten/kota di Jabar untuk mengirimkan bantuan air bersih di wilayah yang mengalami kekeringan.

"Sambil saya juga akan mengecek ke BMKG, tren ini apakah normal atau ada fenomena alam yang perlu kita waspadai," tandas Emil.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.9705 seconds (0.1#10.140)