Buntut Kerusuhan Rutan Kabanjahe, Ratusan Napi Dipindahkan ke Empat Lapas Lain

Kamis, 13 Februari 2020 - 08:08 WIB
Buntut Kerusuhan Rutan Kabanjahe, Ratusan Napi Dipindahkan ke Empat Lapas Lain
Ratusan warga binaan rumah tahanan (Rutan) Klas II B Kabanjahe, Kabupaten Karo, dipindahkan ke empat Rutan dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) yang ada di Sumatera Utara. Foto/SINDOnews
A A A
KARO - Ratusan warga binaan rumah tahanan (Rutan) Klas II B Kabanjahe, Kabupaten Karo, dipindahkan ke empat Rutan dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) yang ada di Sumatera Utara, Rabu (12/2/2020) malam. Pemindahan ini dilakukan setelah terjadi kerusuhan dan pembakaran Rutan Kabanjahe.

Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin Siregar mengatakan, Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) ‎Wilayah Sumatera Utara dibantu Polda Sumut dan TNI secara berangsur memindahkan ratusan penghuni Rutan Klas II B Kabanjahe Kabupaten Karo ke sejumlah Rutan dan Lapas yang ada di Sumut.

"Dari hasil periksaan, ada tiga sel yang bisa dihuni dan segera diperbaiki dibersihkan malam ini. Untuk 142 napi atau tahanan yang belum selesai proses sidangnya. Sedangkan sisanya akan dipindahkan atas petunjuk Bapak Kanwil Kemenkumham," jelasnya kepada wartawan.

Warga binaan yang sudah memiliki keputusan hukum tetap, kata Irjen Pol Martuani, akan dipindahkan ke Lapas dan Rutan, seperti di Kota Medan, Kota Binjai, Kabupaten Humbang Hasunduta‎n, dan Sidikalang, Kabupaten Dairi. (Baca juga; Rutan Kabanjahe Rusuh, Ratusan Napi Ngamuk dan Bakar Ruang Tahanan )

Pemindahan tersebut, dilakukan sembari Rutan Kabanjahe kembali dibangun, seusai kerusahan tersebut. "Sedangkan yang masih dalam persidangan, 142 tahanan diupayakan masih berada di polres dan polsek-polsek,” katanya.

Dari hasil pemeriksaan sementara, lanjut Kapolda, kerusuhan di rutan tersebut mengakibatkan bangunan ikut terbakar dan hanya tiga ruang atau sel yang masih dipergunakan. “Tiga ruangan itu segera diperbaiki dan dibersihkan dalam waktu 2 atau 3 hari (tahanan) baru bisa kembalikan," pungkasnya. (Baca juga; Kodam Kerahkan Yonif 125/Simbisa Amankan Rutan yang Dibakar Napi )
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.6448 seconds (0.1#10.140)