alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ciayumajakuning Diselimuti Cuaca Dingin hingga Tiga Hari ke Depan

Inin Nastain
Ciayumajakuning Diselimuti Cuaca Dingin hingga Tiga Hari ke Depan
BMKG Stasiun Meteorologi Jatiwangi, Kabupaten Majalengka. Foto/SINDOnews/Inin Nastain

MAJALENGKA - Dalam beberapa hari terakhir, wilayah Cirebonan, yakni Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan (Ciayumajakuning) mengalami cuaca yang cukup dingin. Puncaknya, cuaca dingin terjadi pada hari ini, Jumat (27/7/2018) pagi.

Dari catatan yang ada di BMKG Stasiun Meteorologi Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, khusus pagi hari tadi cuaca dingin berada di bawah angka normal.

"Hari ini, di Majalengka berada di angka 20 derajat, Cirebon dan Indramayu 21 derajat, dan Kuningan yang paling parah, yakni 19 derajat. Itu semua di bawah normal suhu udara minimum," jelas dia.



Dia menjelaskan, normalnya suhu udara minimum tertinggi di wilayah Cirebonan berada di angka 25 derajat. Adapun paling rendah, di angka 22. "Untuk normal suhu udara minimum, Kuningan masih yang paling kecil, yakni 22 derajat. Adapun yang paling tinggi, Cirebon dan Indramayu, di angka 25. Untuk Majalengka sendiri, normal suhu udara minimum di angka 24 derajat," beber dia.

Kondisi tersebut, lanjut dia diperkirakan terjadi hingga akhir pekan ini. Cuaca dingin akan semakim terasa saat memasuki waktu subuh. "Dalam tiga hari ke depan masih akan berjalan seperti ini. Biasanya pukul 04.00 sampai 05.00 WIB berada di suhu terendah," ungkap dia.

Terjadinya suhu udara minimum di bawah normal, jelas dia, dipengaruhi beberapa faktor. Musim kemarau menjadi salah satu pemicu suhu akhir-akhir ini terasa lebih dingin.

"Saat kemarau, angin dari Selatan Indonesia ke Utara, dari Australia ke Asia. Massa angin ini melewati Indonesia, khususnya Pulau Jawa. Kebetulan di Australia musim dingin, massa udara basah. Jadi terasa lebih dingin. Dingin ini terjadi di semua Pulau Jawa," katanya.



(zik)