Konsumsi Ikan Warga Purwakarta Masih Rendah

Rabu, 12 Februari 2020 - 14:50 WIB
Konsumsi Ikan Warga Purwakarta Masih Rendah
Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KPP), Agus Suherman, saat Safari Gemar Makan Ikan di Tajug Gede, Cilodong, Purwakarta, Rabu (12/2/2020). SINDOnews/Asep Supiandi
A A A
PURWAKARTA - Tingkat konsumsi ikan warga Kabupaten Purwakarta , masih rendah. Setiap tahunnya hanya sebesar 31 kg per kapita. Sedangkan tingkat provinsi sebesar 39 kg per kapita dan nasional sudah sebesar 55 kg per kapita.

Untuk itu, Pemkab Purwakarta didorong untuk terus menggenjot konsumsi ikan masyarakat. Selain itu, perlu penguatan terhadap budidaya ikan. (Baca juga; Menteri KP Edhy Prabowo Tebar Benih Ikan di Waduk Cirata )

Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KPP), Agus Suherman mengungkapkan, terobosan-terobosan untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat. Di antaranya, mengintensifkan kampanye gemar makan ikan dan mendekatkan akses pasar ikan dengan masyarakat dengan varian yang banyak.

“Insya Allah hal-hal seperti itu dapat memacu gemar makan ikan dan penguatan pasar ikan dalam negeri. Kami pun optimistis upaya untuk meningkatkan tingkat konsumsi ikan bisa terealisasi,”ungkap Agus saat Safari Gemar Makan Ikan di Tajug Gede, Cilodong, Purwakarta, Rabu (12/2/2020).

Dia juga menyebutkan, target nasional untuk konsumsi makan ikan bisa mencapai 69 kg per kapita di 2022. Adapun target di tingkat kabupaten kota, minimal bisa melampau di atas 40 kg per kapita. “Capaian seperti tidaklah terlalu sulit jika melihat angka provinsi sebesar 39 kg per kapita,”terangnya.

Di bagian lain, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Dedi Mulyadi menegaskan, pihaknya meminta kepada KPP untuk meneliti kadar air di Indonesia. Sebab, sehatnya ikan yang dikonsumsi juga dipengaruhi oleh kadar perairan. (Baca juga; Siap Produksi Benih-Induk Ikan Unggul, DKP Jabar Butuh Bantuan dari Pusat )
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8799 seconds (0.1#10.140)