alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Polisi Ringkus Kawanan Rampok Spesialis Nasabah Bank

Nilakusuma
Polisi Ringkus Kawanan Rampok Spesialis Nasabah Bank
Dua orang pelaku yang berhasil diamankan polisi sementara seorang lagi dirawat di RSUD setelah sempat ditembak bagian kepala. Foto/SINDOnews/Nilakusuma

KARAWANG - Polres Karawang berhasil meringkus komplotan perampok spesialis nasabah bank diwilayah Karawang. Satu orang pelaku, SS terpaksa ditembak polisi setelah mencoba menabrak petugas yang akan menangkapnya.

Dua orang pelaku lainnya berhasil ditangkap sementara dua orang lagi dinyatakan buron dan masih dalam pengejaran. Modus yang dilakukan kawanan perampok kelompok Palembang ini dengan cara gembos ban, pecah kaca mobil atau perampasan.

Kapolres Karawang AKBP Slamet Waloya mengatakan tiga orang pelaku berhasil ditangkap saat merampas uang milik nasabah Bank BJB Cabang Karawang usai mencairkan dana BOS (biaya operasional sekolah).



Aksi pelaku sudah diintai polisi sejak korban keluar dari bank dengan membawa uang sebesar Rp100 juta. Saat korban keluar bank menggunakan mobil dan kawanan pelaku yang berjumlah empat orang ini kemudian mengikuti korban dengan menggunakan dua motor berboncengan.

Pada saat bersamaan dua anggota polisi dari Polsek Karawang kota juga mengikuti korban dan kawanan perampok tersebut. "Kami sudah tempatkan petugas yang menyamar untuk mengintai pelaku. Jadi saat pelaku mengikuti calon korbannya, petugas kita sudah berjaga-jaga," kata Slamet saat ekspose didampingi Kapolsek Karawang Kota Iwan Ridwan, Selasa (2/10/2018).

Pada saat korban berhenti diperempatan lampu merah Pemda, dua motor pelaku langsung mendekati korban. Namun niat pelaku untuk mengambil tas korban diurungkan setelah dua anggota polisi menegur pelaku. Kaget melihat polisi lalu kawanan pelaku langsung melarikan diri dengan cara berpencar.

Polisi sempat memeriksa kondisi mobil korban dan menemukan dua buah paku yang tertancap di ban mobil korban. Kemudian petugas mengejar pelaku, dan saat melewati jalan Karang Indah seorang pelaku, ER (25) terjatuh dari motor, sedangkan tiga orang pelaku lainnya berhasil melarikan diri. "Kami mengamankan ER dan mendapat keterangan keberadaan pelaku lainnya." ujar dia.

Dari keterangan ER ini polisi langsung memburu pelaku lainnya yaitu SS, DH dan Fe yang tinggal diwilayah Bekasi. Saat polisi mendatangi rumah kontrakan SS, saat itu sedang berada diatas motor untuk pergi.

Melihat polisi datang akan menangkapnya SS nekat menjalankan motornya dengan kecepatan tinggi akan menabrak polisi. Namun polisi yang sudah waspada langsung melepaskan tembakan ke arah pelaku dan mengenai bagian kepala. Pelaku langsung roboh dan dilarikan ke RSUD Karawang.

Kemudian polisi mendatangi rumah kontrakan DH dan FE, namun keduanya berhasil kabur sebelum polisi datang. Dari hasil pengembangan polisi mendapatkan seorang kompolotan pelaku, AM, yang saat itu tidak ikut dalam perampokan. Pelaku Am ini ditangkap diwilayah Cikampek.

"Dari keterangan sementara mereka sudah 8 kali beroperasi di sejumlah bank. Kami masih memburu pelaku lainnya yang menjadi DPO," kata dia.



(awd)