Tanah Ambles, Belasan Rumah di Majalengka Terancam Roboh

Sabtu, 08 Februari 2020 - 22:16 WIB
Tanah Ambles, Belasan Rumah di Majalengka Terancam Roboh
Kuwu Ujungberung Aris Susanto menunjukan tanah ambles di Desa Ujungberung, Kabupaten Majalengka. Foto/SINDOnews/Inin Nastain
A A A
MAJALENGKA - Peristiwa tanah ambles terjadi di Blok Desa Lama, Desa Ujungberung, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Sabtu (8/2/2020).

Kuwu Ujungberung Aris Susanto mengatakan, kejadian itu diduga dipicu hujan yang turun cukup deras pada Jumat, 8 Februari 2020 malam.

Hujan yang turun selama sekitar dua jam itu juga disertai petir. "Ya titiknya (tanah ambles) sih di belakang rumah dengan kedalaman sekitar 20 centimeter," kata Aris.

Dia menyebutkan, tanah yang ambles itu panjang mencapai sekitar 300 meter. "Ada 10-15 rumah yang terancam (roboh jika tanah ambles meluas). Panjang amblesnya tanah sekitar 300 meter," sebutnya.

Terkait kemungkinan melakukan evakuasi, pihaknya akan melihat perkembangan. Ketika kedalaman tanah yang ambles bertambah, kata Aris, tidak menutup kemungkinan akan dilakukan evakuasi.

"Pasti ada (kemungkinan evakuasi), tapi untuk saat ini belum. Ya semoga saja tidak terjadi lagi," ucapnya.

Lebih jauh Aris mengimbau warganya untuk tetap waspada. Pasalnya, hujan yang diprakirakan masih akan turun dan jarak tanah ambles dengan rumah warga hanya sekitar 10 meter.
(abs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3430 seconds (0.1#10.140)