Pascalongsor Terjang Bojong dan Wanayasa, 17 Posko Disiagakan

Sabtu, 08 Februari 2020 - 22:01 WIB
Pascalongsor Terjang Bojong dan Wanayasa, 17 Posko Disiagakan
Petugas DPKPB Kabupaten Purwakarta menangani salah satu rumah rusak akibat longsor. Beruntung longsor yang terjadi di enam titik itu tidak menimbulkan korban jiwa. Foto/DOk.DPKPB Purwakarta
A A A
PURWAKARTA - Sebanyak 17 posko siaga bencana di Kabupaten Purwakarta disiagakan menyusul longsor yang menerjang enam titik di Kecamatan Bojong dan Wanayasa. Bahkan, alat berat pun disiagakan untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diingingkan.

"Sebenarnya kesiapsiagaan ini sudah kita lakukan jauh sebelum peristiwa longsor di enam titik itu. Apalagi beberapa wilayah di Kabupaten Purwakarta termasuk rentan gerakan tanah. Alhamdulillah longsor yang terjadi dini hari tadi tidak menimbulkan korban jiwa," ungkap Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DIPKPB) Purwakarta, Wahyu Wibisono kepada SINDOnews, Sabtu (8/2/2020).

Personel DPKPB, lanjut dia, disebar di posko-posko itu. Meraka akan terus berkoordinasi dengan pemerintah setempat dan melakukan respons cepat jika terjadi bencana alam di wilayah kerjanya. Selain itu, mereka pun melakukan penguatan-penguatan dengan semua stakeholder yang ada. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi longsor susulan.

Ihwal penanganan pascalongsor, terang dia, semua material longsoran sudah bisa ditanggulangi secara gotong-royong. Jalan yang sebelumnya tertutup tanah sudah dapat dilalui kendaraan sejak sore tadi.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika sendiri telah memerintahkan kepala desa dan camat untuk membuat pengajuan biaya perbaikan rumah warga yang rusak. Sehingga dalam dua hari ke depan proses administrasinya bisa terpenuhi.

Diketahui, terdapat enam titik yang diterjang longsor dini hari tadi, antara lain di Kampung Cileuweung RT 13/07, Desa Bojong Timur; jalan desa di Kampung Tajur, Desa Pasanggrahan; jalan desa di Kampung Neglasari, Desa Cihanjawar; Bukit Blok Pasir Kadu, Desa Cihanjawar; dan Kampung Cikondang RT12/05 Desa Cikeris, semuanya di Kecamatan Bojong.

Selain itu peristiwa serupa juga terjadi di Kampung Nangerang Wetan RT 09/04, Desa Nangerang, Kecamatan Wanayasa. Akibat bencana itu, sejumlah bangunan rumah dan villa rusak. Ditambah sawah dan kebun bunga juga ikut terkubur.
(abs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3828 seconds (0.1#10.140)