Seorang Pria Amerika Serikat Meninggal Akibat Virus Corona

Sabtu, 08 Februari 2020 - 13:57 WIB
Seorang Pria Amerika Serikat Meninggal Akibat Virus Corona
Seorang petugas medis di China memeriksa seorang pria setelah virus Corona baru mewabah. Foto/REUTERS/China Daily
A A A
WUHAN - Seorang pria berusia 60 tahun warga negara Amerika Serikat (AS) yang didiagnosis terinfeksi virus Corona baru, 2019-nCoV, meninggal di Rumah Sakit Jinyintian, Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China, pada Kamis 6 Februari 2020.

Ini adalah kasus kematian pertama bagi Amerika Serikat akibat wabah maut virus Corona. Wuhan adalah kota yang jadi pusat wabah virus Corona baru di Provinsi Hubei. Di kota inilah sebagian besar kematian dan kasus virus tersebut dikonfirmasi. (Baca juga; 40 Staf di Satu Rumah Sakit Terinfeksi Virus Corona )

"Kami menyampaikan belasungkawa tulus kami kepada keluarga atas kehilangan korban. Karena menghormati privasi keluarga, kami tidak memiliki komentar lebih lanjut," kata Kedutaan Besar AS di China, seperti dikutip CNBC, Sabtu (8/2/2020).

Komisi Kesehatan Nasional China mengatakan virus itu telah membunuh lebih dari 700 orang dan menginfeksi lebih dari 34.000 orang. Dari jumlah tersebut, 699 kematian dan hampir 25.000 kasus dikonfirmasi terjadi di Hubei. Otoritas kesehatan Hubei mengatakan 545 orang di Wuhan telah meninggal akibat wabah penyakit ini.

Pada bulan Januari, Organisasi Kesehatan Dunia mendeklarasikan darurat kesehatan global terkait penyebaran virus Corona baru yang sangat cepat. Penetapan status itu memungkinkan badan internasional tersebut untuk memobilisasi dukungan finansial dan politik untuk mengendalikan wabah 2019-nCoV.

Sementara itu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS mengeluarkan perintah wajib karantina bagi orang-orang yang dievakuasi dari Wuhan. Ini adalah pertama kalinya agensi tersebut mengeluarkan perintah semacam itu dalam 50 tahun.

Washington terus mengevakuasi warga Amerika dari Wuhan dan mengarantina mereka di pangkalan militer di seluruh AS, termasuk March Air Reserve Base di Riverside County, California; Camp Ashland di Nebraska; Travis Air Force Base di California; Marine Corps Air Station Miramar di San Diego; dan Lackland Air Force Base di Texas.(Baca juga; Ternyata Arsitek RS Virus Corona China Kelahiran Indonesia )
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6675 seconds (0.1#10.140)