Komisi IV DPR RI Temukan Fakta Banyak Petani Tak Nikmati Subsidi Pupuk

Jum'at, 07 Februari 2020 - 17:34 WIB
Komisi IV DPR RI Temukan Fakta Banyak Petani Tak Nikmati Subsidi Pupuk
Anggota Komisi IV DPR RI Sutrisno. Foto/SINDOnews/Inin Nastain
A A A
MAJALENGKA - Anggota Komisi IV DPR RI Sutrisno mengaku menemukan dugaan penyelewengan subsidi pupuk bagi petani. Di lapangan, ditemukan banyak petani tidak mendapatkan subsidi pupuk yang dicanangkan pemerintah itu.

Lantaran tidak memiliki Kartu Tani, mereka tidak bisa mendapatkan keringanan berupa subsidi saat membutuhkan pupuk.

"Yang masuk ke saya saat reses itu adalah fasilitas untuk masyarakat petani. Petani itu masih hanya dijadikan objek. Pemerintah mwngambil kebijakan Kartu Tani, rakyat yang punya sawah tidak masuk jadi anggota Poktan," kata Sutrisno seusai Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan kepada siswa di SMK Kecamatan Ligung, Kabupaten Majalengka, Jumat (7/2/2020).

Alih-alih pemilik sawah yang mendapat Kartu Tani, jelas dia, justru tidak sedikit perangkat desa yang menikmati subsidi itu. "Yang menjadi pengurus Poktan adalah orang yang tidak punya sawah, termasuk juga perangkat desa.

Kuwu (Kades) baru kan mengganti kelompok. Yang masuk kelompok, nggak punya sawah. Kalau nggak dibersihkan ini nggak akan beres-beres," beber anggota DPR dari Dapil Jabar 9, Sumedang-Majalengka-Subang (SMS) itu.

Kendati demikian, ketika disinggung terkait kemungkinan membawamasalah itu ke ranah hukum, dengan alasan penyalahgunaan wewenang, Sutrsino mengatakan masih belum akan melakukannya. "Nantilah, lihat permasalahannya. Penyuluh pun jangan menyerah sama kelompok," ujar politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tersebut.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.9357 seconds (0.1#10.140)