Operasional Trans Patriot, Pemkot Bekasi Suntik Dana Rp6 Miliar

Jum'at, 07 Februari 2020 - 15:17 WIB
Operasional Trans Patriot, Pemkot Bekasi Suntik Dana Rp6 Miliar
Trans Patriot sejak beroperasi 2018 belum lepas dari ’suntikan’ dana Pemerintah Kota Bekasi. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
BEKASI - Trans Patriot sejak beroperasi 2018 belum lepas dari ’suntikan’ dana Pemerintah Kota Bekasi. Pada 2020 subsidi untuk operasional sembilan bus mencapai Rp6 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah 2020.

Direktur Utama Perusahaan Daerah Mitra Patriot (PDMP), TB Hendra Suherman mengatakan, subsidi tersebut diperuntukan bagi operasional sembilan bus Trans Patriot rute Harapan Indah-Terminal Bekasi dan sebaliknya yang saat ini melayani masyarakat.

Sebab, rute lainnya seperti Vida Bantargebang-Summarecon dan Wisma Asri-Sumber Artha dikelola pihak ketiga. Sampai saat ini rute yang mereka kelola disebut mengalami peningkatan penumpang mencapai 30 orang per trip. (Baca juga; Ini Dua Rute yang Dilayani Bus Trans Patriot )

Akan tetapi, dengan peningkatan 30 penumpang per trip bukan berarti subsidi untuk sembilan bus Trans Patriot dari Pemerintah Kota Bekasi disetop."Jika susbsidi disetop kita harus mencapai penumpang diatas 90 orang per-trip-nya," katanya.

Sejauh ini, kata dia, pihaknya masih pesimis penumpang mencapai 90 orang per trip. Sebab, banyaknya saingan angkutan massal dan kondisi jalan padat, membuat warga masih memilih kendaraan pribadi."Ya kebanyakan orang menggunakan angkutan online," ujarnya.

Pada 2019 sembilan bus Trans Patriot yang dikelola PDMP mendapat subsidi sebesar Rp5,1 miliar dan terpakai mencapai Rp4 miliar tersisa Rp1 miliar lebih."Subsidi tahun 2020 sekarang ini untuk sembilan bus Trans Patriot Rp6 miliar sudah disetujui," ungkapnya.

Hendra menjelaskan, subsidi ini digunakan untuk perawatan, beli solar, bensin, maintenance, gaji karyawan dan lainnya. Semua menggunakan dana subsidi itu. Untuk mencapai penumpang 90 orang per trip pihaknya sudah mempromosikan di berbagai media sosial, dan lainnya.

Pihaknya menginginkan tidak hanya mendapatkan profit tetapi juga benefit. Bus Trans Patriot Harapan Indah Terminal Bekasi beroperasi di dua rute yakni rute pertama Terminal Bekasi tujuan Harapan Indah dengan jarak 14,7 kilometer.

Rute kedua yakni Harapan Indah tujuan Terminal Bekasi yang berjarak tempuh 9,6 kilometer. Dari kedua rute tersebut akan berhenti di 21 titik halte. Sebanyak 13 halte akan dilalui bus rute Terminal Bekasi-Harapan Indah. Rute sebaliknya, Harapan Indah-Terminal Bekasi, bus trans patriot hanya berhenti di delapan halte.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.3976 seconds (0.1#10.140)