1.800 Warga Kebanjiran, Dandim 0604 Karawang Pimpin Evakuasi

Kamis, 06 Februari 2020 - 18:05 WIB
1.800 Warga Kebanjiran, Dandim 0604 Karawang Pimpin Evakuasi
Dandim 0604 Karawang Letkol Inf Medi Hariyo Wibowo (kiri depan) memimpin evakuasi warga terdampak banjir di Perumahan Pratama Permai Desa Tegalwaru, Kecamatan Cilamaya. Foto/SINDOnews/Nilakusuma
A A A
KARAWANG - Aparat TNI dari Kodim 0604 Karawang diterjunkan di lokasi banjir yang terjadi Kamis (6/2/20) di Desa Tegalwaru, Kecamatan Cilamaya Wetan untuk mengevakuasi warga yang terjebak genangan air setinggi 50 sentimeter (cm).

TNI bergabung dengan Polres, BPBD, Damkar Karawang dan aparat kecamatan bahu membahu menyelamatkan warga ke tempat pengungsian. Komandan Kodim 0604 Karawang Letkol Inf Medi Hariyo Wibowo memimpin langsung evakuasi warga terdampak banjirdi Perumahan Pratama Permai, Desa Tegalwaru, Kecamatan Cilamaya Wetan, Kabupaten Karawang, Kamis (6/2/2020).

"TNI dari Kodim 0604 Karawang bersama Polres, BPBD, dan unsur Muspika setempat membantu warga yang membutuhkan bantuan. Kami siap diterjunkan di manapun di lokasi banjir untuk menolong warga terdampak banjir. Seluruh aparat TNI wajib turun kelapangan untuk membantu warga yang membutuhkan pertolongan," kata Medi.

Medi mengemukakan, banjir di Cilamaya terjadi sejak Kamis pagi hingga sore akibat hujan deras selama dua hari hingga sungai Cilamaya meluap kepemukiman warga. Berdasarkan data sementara diketahui sebanyak 1800 jiwa mengungsi akibat 375 rumah terendam banjir.

"Mudah-mudahan banjir tidak meluas seperti sebelumnya. Selain evakuasi kita juga membersihkan saluran air yang tersumbat agar air mengalir lancar hingga banjir cepat surut," ujar Medi.

Menurut Dandim, selain itu juga pihaknya mempersiapkan lokasi pengungsian yang layak untuk korban terdampak hingga merasa nyaman tinggal sementara dipengungsian.

Namun ada sejumlah warga yang memilih tetap tinggal dirumahnya menunggu banjir surut. "Selama banjir ini kami tetap berjaga bersama masyarakat untuk menjaga hal-hal yang tidak baik," tutur Dandim.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.4334 seconds (0.1#10.140)