DPRD Jabar Ingin Tol Cisumdawu Bisa Digunakan untuk Mudik Lebaran 2020

Rabu, 05 Februari 2020 - 23:54 WIB
DPRD Jabar Ingin Tol Cisumdawu Bisa Digunakan untuk Mudik Lebaran 2020
Ketua Komisi IV DPRD Jabar Imam Budi Hartono (tengah) meninjau pembangunan simpang susun atau interchange Tol Cisumdawu di Cileunyi, Kabupaten Bandung, Rabu (5/2/2020). Foto/Dok.DPRD Jabar
A A A
BANDUNG - DPRD Jawa Barat menginginkan, Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) dapat digunakan jelang Hari Raya Idul Fitri 2020 untuk memperlancar arus mudik dan balik Lebaran.

Keinginan tersebut disampaikan Ketua Komisi IV DPRD Jabar Imam Budi Hartono saat dirinya bersama jajaran Komisi IV DPRD Jabar meninjau langsung pembangunan simpang susun atau interchange Tol Cisumdawu di Cileunyi, Kabupaten Bandung, Rabu (5/2/2020).

Dalam kesempatan itu, Imam menyatakan, Komisi IV DPRD Jabar mendorong operasional Tol Cisumdawu, khususnya seksi 1 hingga seksi 3 antara Cileunyi, Kabupaten Bandung hingga Cimalaka, Sumedang sepanjang 33 kilometer yang kini dalam tahap penyelesaian.

"Seksi satu, dua, dan tiga diharapkan bisa selesai dan dipakai pada Lebaran tahun 2020 ini karena kita melihat ini sangat penting dan crawded jika tidak selesai pada waktu Lebaran," tutur Imam.

Menurut Imam, berdasarkan informasi yang diperolehnya, saat ini, progress pembangunan Tol Cisumdawu yakni 57 persen terealisasi untuk seksi satu dan 81 persen terealisasi untuk seksi
dua dengan kendala yang dihadapi soal pembebasan lahan.

"Di sini yang sangat mencolok adalah masalah harga per meter tanahnya, sehingga terjadilah konsinyasi dan proses pengadilan yang ditempuh untuk selesainya pembebasan lahan tersebut," terang Imam.

Namun begitu, Imam optimistis, lewat koordinasi intens dengan berbagai pihak, permasalahan pembebasan lahan tersebut bisa teratasi, sehingga Tol Cisumdawu diharapkan dapat digunakan jelang Lebaran 2020 ini.

Sementara itu, Kepala Satuan Kerja Jalan Bebas Hambatan Cisumdawu Yusrizal Kurniawan mengatakan, di beberapa lokasi, pembebasan lahan seksi 1 masih berproses.

"Seperti di Desa Cilayung, saat ini sudah bermusyawarah dan warga sudah 91 persen setuju. Di desa lain juga alhamdulillah tinggal kita tindak lanjuti proses pembayaran untuk selanjutnya kita kerjakan," terangnya.

Yusrizal menyatakan, pihaknya juga menargetkan, Tol Cisumdawu mulai Cileunyi hingga Cimalaka dapat digunakan jelang Lebaran 2020 ini.

"Kita masuk dari Unpad, ITB, lalu belok kanan ke Kiarapayung langsung menuju ke Cimalaka. Nah ini yang kita kejar sekarang," katanya.

Sedangkan pembangunan underpass di Cileunyi ditargetkan rampung sebelum Lebaran 2020 ini, sehingga tidak mengganggu arus lalu lintas di atasnya.

"Mengenai target keseluruhan, mudah-mudahan di akhir tahun 2020 dari Jatinangor ke Cimalaka sudah selesai. Sedangkan interchange Cileunyi kemungkinan lewat dari tahun 2020 karena masih menunggu konsinyasi," tandasnya.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.2368 seconds (0.1#10.140)