Gubernur Jabar Ridwan Kamil Ingin HPN 2022 Digelar di Bandung

Rabu, 05 Februari 2020 - 18:48 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil Ingin HPN 2022 Digelar di Bandung
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat beraudiensi dengan pengurus PWI Jabar di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Rabu (5/2/2020). Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menginginkan Bandung menjadi tuan rumah peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 mendatang dan siap memberikan dukungan penuh dalam penyelenggaraannya.

Hal tersebut diungkapkan Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, saat beraudiensi dengan jajaran pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jabar yang dipimpin Hilman Hidayat di Ruang Biru, Gedung Negara Pakuan, Kota Bandung, Rabu (5/2/2020).

"HPN 2022 kita ambil saja, kita Pemprov Jawa Barat akan full support (mendukung penuh). Peringatan HPN di sini harus lebih gebyar karena biasanya penyelenggaraan apapun di Bandung bisa gebyar. Silakan diproses saja," tegas Emil.

Dalam kesempatan itu, Emil pun mengaku, jika tidak berhalangan, dirinya akan hadir dalam peringatan HPN 2020 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, yang akan dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi). "Kalau jadwalnya memungkinkan, insya Allah hadir," imbuhnya.

Lebih lanjut Emil mengatakan, dirinya pun bersedia menjadi Ketua Dewan Penasehat PWI Jabar seperti yang diajukan PWI Jabar. "Sebagai kedinasan tidak masalah saya menjadi Dewan Penasehat, silakan saja diproses suratnya untuk diresmikan ke PWI Pusat," ucapnya.

Emil juga meminta PWI Jabar kembali mempertahankan predikat juara umum dalam Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwarnas) 2020 yang akan diselenggarakan di Malang, Jawa Timur. "Tahun 2019 seluruh event olahraga nasional kita juara satu, pelajar juara satu, santri juara satu, PNS juara satu, wartawannya juga harus juara satu," ujarnya.

Emil mengaku, memiliki harapan besar agar PWI Jabar menjadi organisasi yang mampu merangkul profesi jurnalis. Menurutnya, dengan adanya syarat kompetensi yang harus dimiliki wartawan, maka upaya Pemprov Jabar untuk memerangi sisi gelap konvergensi media akan lebih optimal. "Rangkul semua wartawan, saya berharap eksistensi PWI Jabar di bawah kepemimpinan Pak Hilman bisa mencetak sejarah," katanya.

Ketua PWI Jabar Hilman Hidayat sendiri mengaku gembira dengan dukungan luar biasa yang diberikan Ridwan Kamil dan Pemprov Jabar. Menurutnya, Gubernur menunjukan perhatian dan konsentrasi khusus pada roda organisasi dan keberadaan wartawan.

"Alhamdulillah seluruh masukan dari kami dikabulkan semua. Untuk HPN 2022 kami akan persiapkan dari sekarang karena hampir setiap tahun Jawa Barat itu ditawari menjadi tuan rumah. Menyelenggarakan HPN itu punya dampak positif bagi perekonomian," tuturnya.

Pihaknya juga melaporkan pada Gubernur bahwa HPN 2020 tingkat Jabar akan dirangkaikan dengan sejumlah acara yang penyelenggaraanya sudah dimulai oleh sejumlah PWI kabupaten/kota. "Ada bakti sosial, donor darah, seminar hingga jalan sehat," sebut Hilman.

Hilman menambahkan, PWI Jabar pun siap memenuhi permintaan Gubernur agar PWI menggelar acara penanaman akar wangi di lahan miring, seperti yang diamanatkan oleh Presiden Jokowi sebagai bagian dari rangkaian HPN.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.5880 seconds (0.1#10.140)