Fans Page Bupati Tasikmalaya Salah Tulis 'Gus Salah', Banser Berang

Rabu, 05 Februari 2020 - 18:30 WIB
Fans Page Bupati Tasikmalaya Salah Tulis Gus Salah, Banser Berang
Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto. Foto/SINDOnews/Dok
A A A
TASIKMALAYA - Akibat salah tulis nama saat mengucapkan bela sungkawa atas wafatnya KH Salahudin Wahid atau akrab disapa Gus Sholah, malah berujung hujatan.

Kejadian ini dialami Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto. Melalui fans page Facebook H Ade Sugianto, Bupati salah menuliskan nama almarhum menjadi'Gus Salah'. Ucapan bela sungkawa itu diunggah ke fans page pada Minggu 2 Februari 2020 sekitar pukul 20.40 WIB.

Komandan Satuan Koordinasi Wilayah Barisan Ansor Serbaguna (Dansatkorwil Banser) Jawa Barat Yudi Nurcahyadi langsung berang ketika mengetahui hal tersebut.

Yudi meminta salah tulis tersebut diralat karena beda kata akan berbeda makna. "Kalau masyarakat biasa gak masalah. Ini sekaliber Bupati, masa salah nulis," kata Yudi, Rabu (5/2/2020).

Yudi mengemukakan, 'Sholah' berarti 'orang saleh', sementara Salah bermakna salah atau keliru. Untuk itu, Yudi meminta Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto selektif karena kesalahan sedikit saja langsung diketahui publik. "Kalau yang menulis ada orang yang ditugaskan, ya Bupati harus tahu juga persoalan ini," ujar dia.

Sementara itu, mantan caleg Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Tasikmalaya Muchlis Amin tak mengetahui siapa yang ditugaskan mengelola fans page Facebook Bupati Ade Sugianto.

Muchlis menyarankan segera ada ralat karena menimbulkan persepsi lain di masyarakat. "Sepengetahuan saya, oleh bagian Humas Pemkab juga bukan (pengelola fans page Facebook Ade Sugianto). Tapi ada yang ditugaskan. Bahaya bisa dipelintir, apalagi sedang pilkada," kata Muchlis.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP Kabupaten Tasikmalaya Demi Hamzah Rahadian pun tak mengomentari panjang terkait ini. Dia akan mengevaluasi hal tersebut karena yakin ada kesalahan pengelola, bukan disengaja.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.7018 seconds (0.1#10.140)