Cegah Kecanduan Gadget, Ajaklah Anak Aktivitas di Luar Ruangan

Minggu, 30 September 2018 - 15:43 WIB
Cegah Kecanduan Gadget, Ajaklah Anak Aktivitas di Luar Ruangan
Kak Seto dan Dokter Buti saat menjadi pemateri dalam seminar Membesarkan Anak Zaman Now: Gadget vs Engklek di Podomoro Pavilion Bandung, Jalan Diponegoro, Minggu (30/9/2018). Foto/SINDOnews/Arif Budianto
A A A
BANDUNG - Ahli psikologi anak Seto Mulyadi atau Kak Seto mengimbau para orang tua muda lebih banyak mengajak anaknya beraktivitas luar ruangan ketimbang menghabiskan waktu seharian menggunakan gadget.

Menurut Kak Seto, anak yang telah terpapar gadget sejak kecil, bahkan telah kecanduan gadget dapat terganggu kesehatan mentalnya. Kemajuan teknologi itu akan memengaruhi anak-anak bermain, gaya belajar, bahkan dalam berinteraksi sosial.

"Orang tua asyik menggunakan gadget, sehingga anak mengikuti. Jadilah psikolog terhebat di dunia bagi anak-anak. Karena mereka belajar dari apa yang dilihat," kata Kak Seto saat seminar 'Membesarkan Anak Zaman Now: Gadget vs Engklek' di Podomoro Pavilion Bandung, Jalan Diponegoro, Minggu (30/9/2018).

Dia mengakui, tak sedikit orang tua yang khawatir mengizinkan anak bermain di luar ruangan. Hal ini disebabkan berbagai kendala, seperti semakin sempitnya lahan di luar ruangan yang dapat digunakan anak untuk bermain.

Kendala lainnya adalah lingkungan yang semakin tidak aman, seperti ramainya kejahatan penculikan anak dan perilaku berbahaya pengemudi di jalan raya. Tak hanya itu, kesibukan orang tua pun dapat menjadi salah satu faktor keandalan, sehingga kualitas kebersamaan antara orang tua dan anak untuk berinteraksi bersama alam relatif sedikit.

Pola asuh dan lingkungan rumah memang sangat berperan penting bagi tumbuh kembang anak. Tak heran bila saat ini ini banyak keluarga yang mencari hunian di tengah kawasan yang aman dan tentunya memiliki area terbuka yang luas.

"Pola asuh yang harus diterapkan orang tua adalah dengan membiasakan anak-anak mengenali lingkungan sekitarnya, biarkan anak bermain bebas di alam terbuka," ujarnya.

Dokter spesialis anak Buti A Azhali mengungkapkan, penggunaan gadget pada anak dapat menimbulkan efek negatif pada kesehatannya, yaitu memengaruhi pola tidur, gangguan penglihatan, obesitas, bahkan dapat berpengaruh pada proses tumbuh kembang anak.

Asisten GM Marketing Podomoro Park Tedi Guswana menyatakan bahwa kegiatan seminar ini digelar sebagai upaya meningkatkan pemahaman orang tua dalam membesarkan anak di era digital. Podomoro hadir ikut mengedukasi orang tua memiliki lingkungan aman dan nyaman.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5135 seconds (0.1#10.140)