alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kekurangan Armada Truk, DLHK Karawang Kesulitan Angkut Sampah

Nilakusuma
Kekurangan Armada Truk, DLHK Karawang Kesulitan Angkut Sampah
Untuk mengatasi masalah kekurangan armada truk sampah petugas kebersihan terpaksa harus siang malam mengangkut sampah ke TPA Jalupang. Foto/SINDOnews/Nilakusuma

KARAWANG - Akibat kekurangan armada truk, Pemkab Karawang kesulitan mengangkut 900 ton sampah ke tempat pembuangan sampah akhir (TPA) Jalupang.

Idealnya untuk mengangkut seluruh sampah itu dibutuhkan sebanyak 125 unit truk, sementara armada truk yang ada hanya 63 unit atau kekurangan 62 unit lagi.

Penambahan armada truk sampah mulai dilakukan di tahun anggaran 2020 ini melalui bantuan World Bank dan dana Dana Bagi Hasil Cukai dan Tembakau (DBHCT).



"Kami kan dapat bantuan dari World Bank untuk pembangunan unit TPST (Tempat Pembuangan Sampah Terpadu) dan pembelian truk sampah. Tapi jumlahnya masih dikaji, menyesuaikan anggaran yang ada. Selain itu juga ada dana DBHCT yang tahun ini bisa digunakan untuk membeli truk sampah. Ya sekitar 20 unit truk sampah tahun ini bisa kami beli, walaupun belum memenuhi kebutuhan ideal," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Karawang Wawan Setiawan, Selasa (4/2/20).

Menurut Wawan, permasalahn sampah salah satunya karena kekurangan truk pengangkut sampah sehingga di beberapa titik terdapat tumpukan sampah yang belum terangkut. Namun begitu, karena keterbatasan anggaran hingga pihaknya harus mencicil penambahan jumlah armada truk hingga mencapai titik ideal yang dibutuhkan.

"Bukan tidak bisa diangkut, tapi cuma keterlambatan saja karena keterbatasan jumlah armada yang ada tidak sebanding dengan volume sampah setiap harinya," ujar dia.

Wawan menuturkan, Karawang memang tidak akan selesai oleh permasalahan sampah. Hanya saja dia memastikan secara pelan-pelan perbaikan selalu dilakukan.

Apalagi dengan adanya rencana pembangunan 4 unit TPST dapat mengurangi permasalahan sampah. "Lewat TPST ini sampah akan diolah langsung sedang yang diangkut ke TPA Jalupang hanya residunya saja," tutur Wawan.



(awd)

preload video