Jenazah Gus Sholah Tiba di Tebuireng, Ribuan Pelayat dan Santri Menangis

Senin, 03 Februari 2020 - 16:36 WIB
Jenazah Gus Sholah Tiba di Tebuireng, Ribuan Pelayat dan Santri Menangis
Jenazah Gus Sholah saat dibawa ke Masjid Pesantren Tebuireng untuk disalatkan. SINDOnews/Tritus Julan
A A A
JOMBANG - Jenazah KH Sholahuddin Wachid atau Gus Sholah tiba di Pesantren Tebuireng, Desa Cukir, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Senin (3/2/2020) sekitar pukul 13.00 WIB. Ribuan pelayat dan santri menyambut kedatangan jenazah Gus Sholah.

Jenazah kiai yang akrab disapa Gus Sholah ini tiba dengan pengawalan ketat aparat kepolisian. Tampak dalam rombongan, Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa, Kapolda Irjen Luki Hermawan, dan Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI R Wisnoe Prasetja Boedi.(Baca juga; Sosok Gus Sholah, Tokoh HAM yang Banyak Berkarier di Bidang Arsitektur )

Selain itu, rombongan keluarga besar Gus Sholah juga tampak mengiringi. Di antaranya istri Gus Sholah, Nyai Farida; anggota keluarga, Lili Wahid, Ipang Wahid; dan mantan Menteri Agama Kabinet Indonesia Kerja Lukman Hakim Syaifuddin. Lantunan tahlil menggema saat jenazah Gus Sholah dikeluarkan dari dalam mobil.

Pantauan di lokasi, jenazah adik kandung Presiden ke IV KH Abdurrahman Wahid atau yang akrab disapa Gus Dur ini langsung disemayamkan di Dalem Kasepuhan. Sekitar pukul 13.20 WIB, jenazah kemudian dibawa ke Masjid Pesantren Tebuireng untuk disalatkan.

Salat jenazah dipimpin oleh Pengasuh Pondok Puteri Pesantren Tebuireng, KH Muhammad Fahmi Hadziek. Isak tangis pelayat dan santri pecah ketika jenazah Gus Sholah di bawa ke Masjid. Ribuan santri berusaha untuk menyentuh keranda mayat. Mereka pun tak bergeming, meski keamanan pondok dan Banser menghalaunya.

Sejumlah tokoh nasional nampak hadir dalam prosesi pemakaman Gus Sholah. Di antaranya Moh Nuh, mantan Menteri Pendidikan di era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Kemudian Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak bersama dengan istrinya, Arumi Bachin.

Saat ini, jenazah tokoh Hak Asasi Manusia (HAM) itu tengah disalatkan. Rencananya, salat jenazah akan dilakukan dua kali. Untuk salat jenazah kedua dipimpin mantan Menteri Agama Lukman Hakim. Setelah disalatkan, jenazah Gus Sholah akan langsung dikebumikan.

Gus Sholah wafat pada Minggu (2/2/2020). Pengasuh Pesantren Tebuireng, Jombang ini menghembuskan napas terakhir pukul 20.55 WIB. Sebelumnya, beliau sempat menjalani perawatan medis di RS Harapan Kita, Jakarta.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.5881 seconds (0.1#10.140)