Langkahi 156 Kampus, ITB Peringkat 976 Dunia Versi Webometric

Senin, 03 Februari 2020 - 15:14 WIB
Langkahi 156 Kampus, ITB Peringkat 976 Dunia Versi Webometric
Tercatat ada lima besar perguruan tinggi Indonesia yang masuk ke dalam lima terbaik di Indonesia versi Webometrics periode 2020. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
BANDUNG - Webometric baru saja merilis peringkat kampus terbaik di dunia. Tercatat ada lima besar perguruan tinggi Indonesia yang masuk ke dalam lima terbaik di Indonesia versi Webometrics periode 2020.

Di urutan pertama, Universitas Indonesia menduduki skor teratas untuk kampus di Indonesia. Kemudian UGM di peringkat kedua, peringkat ketiga Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) posisi keempat, dan kelima Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

Sekretaris Institut ITB Widjaja Martokusumo mengatakan, pihaknya menghormati pemeringkatan perguruan tinggi yang dirilis oleh Webometric, walaupun pemeringkatan itu berdasarkan pada popularitas website. Webometric sebagaimana diketahui tidak melakukan pengukuran untuk bidang pendidikan dan penilaian.

"Namun demikian, peringkat dari Webometric tersebut akan selalu menjadi perhatian serius ITB," katanya, Senin 3/2/2020). (Baca juga; Ini Susunan Staf Rektor ITB di Bawah Kepemimpinan Reini Wirahadikusumah )

Merujuk pada peringkat tersebut, kata dia, kualitas website ITB terus mengalami perbaikan. Tahun ini, ITB menempati peringkat ke-976 dunia. Peringkat itu naik 156 tingkat dibandingkan posisi sebelumnya di tahun 2019 yang menempati peringkat ke-1.132 dunia.

"Dalam hal peringkat Webometric ini, ITB berkomitmen melakukan perbaikan secara terus menerus. Tidak untuk mencari popularitas namun lebih kepada continuous improvement agar akses masyarakat untuk mendapatkan informasi melalui website ITB menjadi lebih bermanfaat," jelasnya.

Melalui kegiatan yang dirancang berkelanjutan, ITB berharap dapat maju bersama-sama untuk meningkatkan peringkat perguruan tinggi di Indonesia secara nasional maupun internasional. Hal tersebut sesuai dengan motto Globally Respected and Locally Relevant University's.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1531 seconds (0.1#10.140)