Tiba di Natuna, WNI dari Wuhan Jalani Observasi di RS Isolasi

Minggu, 02 Februari 2020 - 13:54 WIB
Tiba di Natuna, WNI dari Wuhan Jalani Observasi di RS Isolasi
Tim medis berpakaian khusus menyambut kedatangan 245 WNI di Pangkalan Udara TNI AU Raden Sadjad Natuna, Minggu (2/2/2020). Foto/iNews TV
A A A
NATUNA - Sebanyak 245 Warga Negara Indonesia (WNI) tiba di Pangkalan Udara TNI AU Raden Sadjad dari Bandara Hang Nadim Batam, Minggu (2/2/2020) sekitar pukul 11/40 WIB.

Dikutip dari iNews TV, para WNI tersebut satu per satu turun dari pesawat, mereka langsung menuju rumah sakit isolasi sementara dikawal petugas medis.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan (Menkes) Dr dr Terawan Agus Putranto memastikan WNI dari Wuhan, China, akan menjalani masa observasi selama 14 hari di rumah sakit isolasi sementara di Natuna.

Selama menjalani masa observasi, kata Menkes, para WNI tersebut akan mendapatkan fasilitas menyenangkan seperti nonton TV, ruang ber-AC, tempat bermain, dan ruang untuk diskusi.

"Fasilitas yang diberikan tersebut agar suasana hati mereka (WNI) senang, sehingga tidak stress," ujar Menkes.

Soal kemungkinan ada keberatan dari masyarakat Natuna, Menkes menegaskan, masyarakat tidak akan keberatan dengan keberadaan WNI yang menjalani observasi di Natuna. Pasalnya, lokasi rumah sakit isolasi sementara jauh dari pemukiman penduduk. Jarak rumah sakit isolasi dengan rumah warga sekitar 5-6 kilometer.

"Harusnya warga bahagia dong, kan keluarga mereka selamat dan tiba di Tanah Air dari Wuhan. Apalagi, tempat isolasi ini jauh dari permukimn warga dan merupakan kompleks militer. Kita pilih kompeks militer karena disiplinnya, menjaga dan merawat pasien observasi butuh kedisiplinan. Nah, hanya militer yang bisa melakukan itu," tegas Menkes.

Diketahui, pemerintah menyiapkan rumah sakit isolasi sementara di Natuna, untuk menampung WNI dari Wuhan, China. Menurut dr Trisno Hendarsyah, salah seorang anggota tim medis, rumah sakit isolasi sementara digunakan untuk stabilisasi WNI dari Wuhan.

"Menurut informasi, sejauh ini para WNI dari Wuhan dalam kondisi sehat. Tetapi, kami akan tetap memantau kondisi mereka detik per detik," ujarnya.

Dia menambahkan, selama berada di rumah sakit isolasi sementara, para WNI akan menjalani olahraga dan aktivitas lain yang bermanfaat.
(abs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6414 seconds (0.1#10.140)