Sambut HUT ke-70 Kavad, Pusdikkav Pussenkav Kodiklatad Gelar Tablig Akbar

Sabtu, 01 Februari 2020 - 00:12 WIB
Sambut HUT ke-70 Kavad, Pusdikkav Pussenkav Kodiklatad Gelar Tablig Akbar
Komandan Pusat Kesenjataan Kavaleri Kodiklatad beserta jajaran bersama Habib Ahmad Al Habsyi pada kegiatan tabligh akbar yang dihadiri oleh sebanyak 1.500 warga dan tamu undangan, Jumat (31/1/2020). Foto/Dok.Pusdikkav Pussenkav Kodiklatad
A A A
BANDUNG BARAT - Menyambut HUT ke-70 Kavaleri TNI AD tahun 2020 yang puncak acaranya akan dilaksanakan pada 9 Februari, Pusdikkav Pussenkav Kodiklatad menyelenggarakan tablig akbar dengan penceramah Habib Ahmad Al Habsyi, Jumat (31/1/2020) sore.

Kegiatan yang digelar di Pusat Pendidikan Kavaleri (Pusdikkav) Pusan Kesenjataan Kavaleri (Pussenkav) Kodiklatad, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), ini dihadiri oleh sebanyak 1.500 hadirin dari warga sekitar dan tamu undangan.

Komandan Pussenkav Kodiklatad Brigjen TNI Ana Supriatna mengatakan, tema ceramah yang diusung dalam tablig akbar dalam rangka HUT Kavaleri ini adalah "Moralitas Sebagai Senjata Tercanggih Prajurit Sejati".

Tema itu dinilai sangat tepat dengan dinamika kondisi saat ini, karena setiap manusia pasti memiliki dinamika dalam kehidupannya. Seperti dalam tugas kedinasan, kehidupan keluarga, hingga kehidupan bermasyarakat.

"Moralitas adalah senjata tercanggih dalam kehidupan, karena bisa menggambarkan sikap dan karakter seseorang. Jika moral seseorang baik, maka akan baik pula tindak tanduk orang tersebut, sebaliknya kalau moralnya tidak baik, ya sikapnya pasti sama," kata Ana.

Menurut dia, moralitas yang baik adalah senjata tercanggih yang harus dimiliki dan menjadi jati diri dari setiap prajurit dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai bagian dari abdi negara prajurit juga adalah mahluk sosial yang dituntut untuk terus meningkatkan keimanan dan ketaqwaannya. Kolaborasi itu diharapkan dapat menciptakan prajurit Kavaleri yang tangguh dan memiliki moral baik.

"Saya ingin setiap prajurit dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya disertai dengan moralitas yang santun. Sehingga diharapkan dapat mewujudkan profesionalisme dan modernisasi Kavaleri guna mengawal NKRI," ujar dia.

Lebih lanjut, dirinya berpesan melalui tabligh akbar ini juga mampu menjalin ukhuwah islamiyah di antara masyarakat, intansi swasta, TNI-Polri, Pemda KBB, dan seluruh warga Kavaleri.

Termasuk dapat mendekatkan prajurit Kavaleri dengan rakyat demi terwujudnya TNI yang profesional dan tangguh. "Kerja keras dan inovasi harus terus digalakan di kalangan prajurit demi terwujudnya satuan Kavaleri yang berjaya dan berguna bagi negara," tutur Komandan Pussenkav Kodiklatad.

Pada kegiatan ini turut dihadiri oleh Komandan Pusat Pendidikan Kavaleri Kolonel Kav Rayen Obersyl, para Direktur Pussenkav, Pamen Ahli Pussenkav, Wadan Pusdikkav, Dandim 0609 Cimahi.

Kemudian, Ketua MUI KBB M Ridwan, perwakilan Pusdik jajaran Cimahi, perwakilan Polres Cimahi, dan perwakilan Bupati KBB.

Kegiatan diawali dengan melaksanakan salat Jumat di Masjid Manunggal Pusdikkav lalu kajian bedah buku, kemudian dilanjutkan dengan tausiyah.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.9321 seconds (0.1#10.140)