Poros Juang Deklarasikan Koalisi, Siap Usung Calon yang Diminati Publik

Kamis, 30 Januari 2020 - 22:51 WIB
Poros Juang Deklarasikan Koalisi, Siap Usung Calon yang Diminati Publik
Koalisi Poros Juang mendeklarasikan diri untuk mengusung bakal calon bupati yang disukai publik. Foto/SINDOnews/Nilakusuma
A A A
KARAWANG - Pemetaan politik jelang Pilkada Karawang 2020 mulai mengerucut kepada partai yang akan berkoalisi.

Setelah Demokrat, Nasdem dan Golkar berkoalisi mengusung petahana Bupati Cellica Nurachadiana, kini giliran Poros Juang mendeklarasikan diri sebagai koalisi yang bakal bertarung dalam Pilkada Karawang 2020.

Poros Juang merupakan koalisi PDIP, Hanura, PAN, PPP, dan PBB dengan perolehan 11 kursi di DPRD Karawang. Namun, meski sudah deklarasikan diri, Poros Juang belum memiliki figur untuk dicalonkan.

"Deklarasi ini unik, karena kami belum memutuskan siapa yang akan kami usung. Tapi inilah politik, kami membangun koalisi tanpa egoisme. Meski kami belum memutuskan siapa bakal calon yang akan diusung, tapi ketika tiba waktunya pasti akan muncul nama. Yang pasti sekarang kami sudah memiliki tiket untuk mengusung calon dengan 11 kursi yang kami punya," kata Ketua DPC PDIP Taufik Ismail atau biasa disapa Pipik, Rabu (29/1/20).

Menurut Pipik selain dukungan dari partai koalisi di parlemen, Poros Juang juga mendapat amunisi baru dengan bergabungnya partai kecil non-parlemen seperti, Partai Perindo, Berkarya, PSI, dan PKPI.

"Kami memiliki tekad sama, yaitu mendobrak kebiasaan lama yang memaksakan balon untuk diusung meski kurang dapat respons publik. Kami akan mendukung salah satu calon terbaik, meski itu sudah diusung partai lain. Kalau kami nilai itu yang terbaik pasti kita usung," ujar dia.

Sementara itu, Ketua DPD PAN Karawang Bambang Maryono menuturkan, koalisi poros juang masih melakukan kajian terhadap bakal calopn yang sudah muncul. Nama petahana Cellica juga ikut dalam penilaian koalisi.

"Kami sudah sering berkomunikasi dengan partai lain, seperti Gerindra atau PKB yang belum menentukan arah koalisi. Masih intens komunikasi dengan mereka untuk bisa bergabung," tutur Bambang.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.5096 seconds (0.1#10.140)