alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Jokowi: Soal Pencopotan Dirjen Imigrasi Tanya ke Menkumham

Adi Haryanto
Jokowi: Soal Pencopotan Dirjen Imigrasi Tanya ke Menkumham
Presiden Joko Widodo bersama Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Bandara Husein Sastranegara. Foto/FB.Ridwan Kamil

CIMAHI - Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H Laoly telah mencopot Ronny F Sompie dari jabatan Direktur Jenderal Imigrasi. Pencopotan itu terkait kesimpangsiuran data tentang kedatangan calon anggota legislatif dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ke Tanah Air.

Terkait hal ini, Presiden Jokowi enggan berkomentar banyak terkait pencopotan tersebut. Presiden pun menyarankan sebaiknya wartawan menanyakan hal tersebut langsung kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly.

"Soal itu, tanyakan langsung ke Menkumham," kata Jokowi singkat saat ditanya wartawan seusai menghadiri kegiatan pencanangan Gerakan Eliminasi Tuberkulosis (TBC) 2030 di Gedung Techno Park, Kota Cimahi, Rabu (29/1/2020).



Seperti diberitakan SINDOnews, Menkumham Yasonna Hamonangan Laoly telah mencopot Ronny Franky Sompie sebagai Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Kemenkumham. Ronny dicopot atas kekeliruan informasi perihal keberadaan politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang jadi buronan KPK, Harun Masiku.

Pencopotan Ronny tertuang dalam Surat Menkumham Nomor M.HH.KP.04.02-13 tertanggal 28 Januari 2018. Melalui surat itu, Yasonna sekaligus memberikan tugas baru kepada Ronny sebagai Analis Keimigrasian Utama.

Jabatan Dirjen Imigrasi selanjutnya dipegang Pelaksana Harian (Plh), di mana orang yang ditunjuk mengisi jabatan itu ialah Irjen Kemenkumham, Jhoni Ginting.

Pencopotan Ronny tak lepas dari 'blunder' Imigrasi. Instansi ini akhirnya mengakui Harun telah berada di Jakarta sejak 7 Januari 2020. Padahal, mereka sebelumnya sempat menyatakan Harun telah keluar Indonesia menuju Singapura pada Senin, 6 Januari 2020 melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang sekitar pukul 11.00 WIB.

Harun Masiku adalah calon anggota legislatif dari PDIP yang telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan.

Yasonna menuding Ronny Sompie menjadi orang yang harus bertanggungjawab terkait sistem di Ditjen Imigrasi yang membuat data kedatangan Harun Masiku delay atau terlambat.



(awd)

preload video