Gelar Pameran di Bandung, Sapuhi Jabar Suguhkan Travel Umrah Terpercaya

Rabu, 29 Januari 2020 - 19:30 WIB
Gelar Pameran di Bandung, Sapuhi Jabar Suguhkan Travel Umrah Terpercaya
Pengurus Sapuhi Jabar saat beraudiensi dengan Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, belum lama ini. Foto/SINDONews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Minat masyarakat untuk menjalankan ibadah umrah yang sangat tinggi kerap dimanfaatkan oknum perusahaan umrah nakal. Alhasil, tidak sedikit masyarakat yang menjadi korban hingga batal melaksanakan ibadah umrah.

Ketua Serikat Penyelenggara Umrah dan Haji (Sapuhi) Jawa Barat Zainurrofieq mengakui bahwa minat masyarakat pergi berumrah terus menunjukkan peningkatan setiap tahunnya.

Menurut dia, kondisi tersebut terjadi menyusul daftar tunggu haji yang semakin lama. Selain itu, umrah kini sudah menjadi gaya hidup masyarakat.

Dia menyebutkan, daftar tunggu haji di Provinsi Jabar sendiri mencapai 18-20 tahun. Selain itu, warga yang sudah berangkat haji dan ingin kembali berhaji harus menunggu selama 10 tahun.

"Jumlah jamaah umrah diperkirakan lebih dari 150.000 orang setiap tahunnya. Minat masyarakat untuk umrah memang sangat tinggi. Selain itu, ibadah umrah saat ini sudah menjadi gaya hidup," tutur Zainurrofieq di Bandung, Rabu (29/1/2020).

Namun begitu, pihaknya menyayangkan masih banyaknya oknum perusahaan travel nakal dan tak berizin yang memanfaatkan kondisi tersebut dengan iming-iming biaya umrah murah.

Akibatnya, masyarakat yang berniat pergi umrah terganggu. Kondisi tersebut diperparah dengan minimnya informasi tentang umrah. "Masyarakat harus bisa memilih travel umrah yang kompeten. Jangan mudah terjebak biaya umrah murah," tegasnya.

Melihat kondisi tersebut, lanjutnya, Sapuhi Jabar berupaya menyediakan layanan ibadah umrah terpercaya dan terjangkau melalui Pameran Umroh Juara yang akan digelar pada 26 Februari hingga 1 Maret 2020 mendatang.

Pameran yang akan digelar di Trans Studio Mall, Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung itu bakal menyuguhkan 30 stan yang diisi perbankan syariah, asuransi, hingga perusahaan lain yang berkaitan dengan umrah.

Selain pameran, kata Zainurrofieq , kegiatan juga akan diisi sosialisasi tentang umrah bagi masyarakat, salah satunya tentang program 5 Pasti (pastikan travelnya berizin, pastikan programnya, pastikan visa, tiket dan hotelnya) dari Kementerian Agama (Kemenag).

"Masyarakat bisa mendapatkan banyak informasi tentang umrah di Pameran Umroh Juara. Travel umrah yang ikut pameran ini sudah terpercaya," katanya.

Sementara itu, Ketua Sterring Commite Pameran Umrah Juara Edwin Miftahudin menuturkan, pameran ini didukung Pemprov Jabar. Bahkan, rencananya, pembukaan pameran akan dilakukan Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan ditutup oleh Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum.

Selain itu, sejumlah tokoh-tokoh nasional juga direncanakan hadir, di antaranya Tuan Guru Bajang (TGB) Zainulmajdi, Mamah Dedeh, KH Sofyan Yahya dan Ketua Umum SAPUHI Syam Resfiadi.

Pameran Umrah Juara juga akan dimeriahkan artis nasional, seperti Inka Christie, Afdel Achdian, dan ustad-ustad milenial, seperti Ustad Yebe, Hendi Bone serta legenda Persib Ajat Sudrajat.

Melalui pameran Umroh Juara, kata dia, Sapuhi Jabar juga mendukung pemberdayaan lokal dengan mengoptimalkan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Kabupaten Majalengka, sebagai bandara keberangkatan jamaah umrah.

"Kami ingin membangun pemahaman bahwa umrah tak hanya ibadah ritual, tapi juga menjadi ajang meningkatkan kualitas diri sekaligus memajukan umat muslim," katanya.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3007 seconds (0.1#10.140)