86 WNI dari Arab Saudi Jalani Swab Test dan Karantina 14 Hari

Senin, 04 Mei 2020 - 16:25 WIB
loading...
86 WNI dari Arab Saudi Jalani Swab Test dan Karantina 14 Hari
86 Warga Negara Indonesia (WNI) yang baru pulang dari Arab Saudi bakal menjalani swab test dan dikarantina selama 14 hari. Ilustrasi/SINDOnews
A A A
CIMAHI - Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar, Berli Hamdani mengatakan, 86 Warga Negara Indonesia (WNI) yang baru pulang dari Arab Saudi bakal menjalani swab test dan dikarantina selama 14 hari.

"Pemprov Jabar melaksanakan beberapa prosedur kesehatan sejak dari Bandara Soekarno-Hatta kepada WNI yang pulang dari Riyadh untuk memastikan warga sehat dan Jabar tetap aman" katanya, Senin (4/5/2020).

Berli menambahkan, mereka menjalani pemeriksaan klinis dan swab test pada Minggu (3/5/2020). Setelah itu, mereka menjalani isolasi untuk perawatan atau pemantauan selama 14 hari di Gedung BPSDM Jabar. "Dengan begitu, mereka direncanakan pulang ke daerah asalnya pada Minggu (17/5/2020)," katanya.

Direktur Rumah Sakit Kesehatan Kerja (RSKK), Vini Adiani Dewi yang menangani perawatan WNI di Gedung BPSDM Jabar itu meyakinkan, pihaknya telah menyiapkan fasilitas kamar yang dilengkapi kebutuhan-kebutuhan pribadi saat menjalani isolasi, termasuk kebutuhan pangan. (Baca juga; 86 WNI dari Arab Saudi Diisolasi di Gedung BPSDM Jabar )

"Kami sudah menyiapkan kamar yang di dalamnya sudah berisi segala macam kepentingan pribadi, termasuk alat kebersihan pribadi. Setiap hari kami berikan makanan untuk buka (puasa), sahur, makan pagi dan makan siang (bagi yang tidak berpuasa). Kami sudah sediakan semuanya," paparnya.

Terkait penanganan lebih lanjut, Vini mengatakan bahwa hasil swab test kepada mereka akan menentukan langkah perawatan yang akan diberikan. Jika hasilnya positif, mereka akan ditempatkan sesuai dengan protokol yang berlaku. Sedangkan jika hasilnya negatif, mereka diperbolehkan pulang setelah menjalani karantina selama 14 hari.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2216 seconds (0.1#10.140)