alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Sulap Kalimalang, Emil Siapkan Dana Rp50 M

Agung Bakti Sarasa
Sulap Kalimalang, Emil Siapkan Dana Rp50 M
Tangkapan layar rancang bangun Kalimalang yang diunggah Emil dalam akun Instagram resminya @ridwankamil.

BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menunjukkan keseriusannya mengubah wajah Kalimalang, Bekasi. Ke depan, Kalimalang diharapkan menjadi salah satu ikon kebanggaan warga Bekasi.

Diketahui, Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, menggagas revitalisasi Kalimalang. Tidak tanggung-tanggung, Emil ingin mengubah wajah Kalimalang layaknya Sungai Cheonggyecheon di Korea Selatan.

Diakui Emil, untuk menyulap Kalimalang dibutuhkan anggaran yang besar. Meski begitu, pihaknya berkomitmen segera merevitalisasi Kalimalang hingga menjadi kebanggaan warga Bekasi.



"Provinsi berkomitmen untuk proyek yang pertama ini, minimal kita siapkan 40-50 miliar. Sehingga, nanti bisa memberikan contoh penataan sungai yang baik dan menjadi kebanggaan warga Bekasi," ungkap Emil di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Rabu (26/9/2018) malam.

Emil pun mengaku telah menerjunkan tim untuk menganalisa kondisi Kalimalang. Menurut Emil, berdasarkan analisa timnya, setidaknya terdapat empat zona yang paling ideal untuk diubah menjadi lebih indah.

"Sesuai janji, tim dari saya sudah mempresentasikan proyek Kalimalang, ada empat zona," sebut Emil seraya mengaku kerap berkoodinasi dengan Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi untuk kelangsungan proyek ini.

Mengenai rancang bangun Kalimalang, Emil memastikan bakal selesai di masa 100 hari kerjanya pascadilantik sebagai Gubernur Jabar. Terkait anggaran, pihaknya akan menyiapkannya dari APBD 2019. "Sehingga bisa dilelang awal tahun (2019). Jadi tahun baruan warga Bekasi bisa dirayakan di situ," ujar Emil.

Emil pun membocorkan sarana dan prasarana yang akan dibangun di Kalimalang. Nantinya, kata Emil, Kalimalang akan dilengkapi ruang edukasi dan tempat untuk kegiatan masyarakat. Tidak hanya itu, akan tersedia pula sarana bagi anak-anak, anak muda, hingga tempat olah raga.

"Ada ruang buat perahu-perahuan juga, ada ruang buat seni, komunitas, ruang buat jogging, ruang buat pengendalian air, dan lain-lain," papar Emil.

Emil mengatakan, sejauh ini, pihaknya belum menemukan kendala berarti untuk mewujudkan Kalimalang menjadi lebih indah. Kini, pihaknya tengah berupaya memilih satu zona dari empat zona agar didahulukan pembangunannya. "Titik awal sedang dibahas dari empat itu. Enggak mungkin semuanya kan? Sedang dipilih dari empat itu," sebutnya.

Emil yang memiliki latar belakang arsitek itu pun mengaku tak menemukan masalah dengan kualitas air Kalimalang. "Karena Kalimalang ini bukan sungai, tapi saluran irigasi, sumber air minumnya orang Jakarta dari Jatiluhur," imbuhnya.

Emil juga mengklaim, volume air Kalimalang selalu diatur secara engineering, sehingga debit airnya stabil dan tak pernah banjir. "Tidak banyak kotoran, tidak banyak pencemaran, jadi menyulap seperti Seoul itu sangat memungkinkan," pungkasnya.



(zik)

loading...