Kabupaten Bekasi Alokasikan Anggaran Pendidikan Rp600 Miliar

Rabu, 29 Januari 2020 - 12:13 WIB
Kabupaten Bekasi Alokasikan Anggaran Pendidikan Rp600 Miliar
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi mengalokasikan Rp600 miliar untuk anggaran pendidikan. Ilustrasi/SINDOnews
A A A
BEKASI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi mengalokasikan Rp600 miliar untuk anggaran pendidikan. Anggaran tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja dan Pendapatan Daerah (APBD) 2020 dan sebagian dialokasikan untuk memperbaiki infrastruktur sekolah.

Bupati Bekasi, Eka Supri Atmadja mengatakan, anggaran sebesar itu untuk perbaikan maupun penambahan sarana dan prasarana sektor pendidikan."Porsi anggaran pendidikan tahun ini mencapai 20 persen dari APBD 2020," katanya, Rabu (29/1/2020). (Baca juga; Rehab dan Bangun Gedung Sekolah, Pemkab Bekasi Alokasikan Rp249 Miliar )

Menurut dia, anggaran sebesar itu mengcover perbaikan ratusan sekolah rusak parah yang tersebar di 23 Kecamatan. Saat ini, ada sekitar 700 gedung sekolah negeri yang sangat membutuhkan perbaikan."Makanya kita alokasikan anggaran sangat besar untuk perbaikan sekolah rusak itu," ujarnya.

Untuk itu, Eka memastikan perbaikan infrastruktur pendidikan di tahun ini menjadi prioritas utama pemerintah daerah. Mantan Ketua DPRD Kabupaten Bekasi ini meminta masyarakat bersabar, sebab proses perbaikan membutuhkan anggaran besar dan tahapan."Nanti ada anggaran tambahan di APBD Perubahan," ungkapnya.

Eka menjelaskan, pemerintah telah menyiapkan strategi percepatan agar dapat mengubah pola penyerapan anggaran yang sebelumnya kerap menumpuk di akhir tahun. Untuk itu, pembangunan infrastruktur pendidikan dapat dilakukan secepatnya bahkan yang belum tercover di APBD tahun ini, di alokasikan tahun depan.

Terkait SDN Samudrajaya 04 Tarumajaya, Eka memastikan pemerintah akan melakukan perbaikan tahun ini, meski anggaran perbaikanya tidak menggunakan APBD murni. Anggaran perbaikanya bakal menggunakan anggaran peruhabahan."Sekolah itu dipastikan akan bagus pada awal tahun depan," tegasnya. (Baca juga; Ahmad Syaikhu Minta Pemkab Bekasi Perbaiki SDN 04 Samudrajaya )

Sementara Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bekasi meminta pemerintah daerah mengoptimalkan anggaran pendidikan tahun ini untuk perbaikan sekolah yang mengalami kerusakan baik ringan, sedang, maupun rusak berat. Apalagi, saat ini terdata ratusan sekolah rusak di wilayanya.

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi, Samuel Maruli mengungkapkan, ada ratusan sekolah yang butuh perbaikan secepatnya ditahun ini. Apalagi, legislatif dengan eksekutif sudah menyepakati agar anggaran tahun ini untuk fokus perbaikan infrastruktur sekolah."Jadi tidak alasan untuk menundanya," katanya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.8636 seconds (0.1#10.140)