alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Waspada Virus Corona, Dinkes Karawang Kirim Edaran ke Puskesmas-Rumah Sakit

Nilakusuma
Waspada Virus Corona, Dinkes Karawang Kirim Edaran ke Puskesmas-Rumah Sakit
Foto/SINDONews/Dok/Ilustrasi

KARAWANG - Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang mengeluarkan surat edaran yang ditujukan kepada seluruh Puskesmas dan rumas sakit agar mewaspadai penyebaran virus corona.

Kewaspadaan perlu dilakukan setelah ditemukan pasien terduga terjangkit virus Corona di Provinsi Jawa Barat. Sesuai SOP, pasien pertama diperiksa di puskesmas. Jika hasil pemeriksaan terbukti suspect virus Corona, pasien akan dirujuk ke RSUD.

"Surat edaran sudah kami kirimkan ke seluruh instansi terkait agar mewaspadai pasien yang memiliki gejala suspect virus Corona. Kami sedang mempersiapkan SOP kewaspadaan virus Corona dari puskesmas hingga rumah sakit. Petugas kesehatan di puskesmas atau rumah sakit harus memiliki standar penanganan pasien yang memiliki gejala terinfeksi virus corona," kata pelaksana tugas (plt) Kepala Dinkes Karawang Nurdin Hidayat, Selasa (28/1/20).



Menurut Nurdin, seluruh petugas kesehatan harus mewaspadai pasien dengan batuk berat, pilek dengan memeriksa sesuai SOP virus corona. Jika dari pemeriksaan tingkat pertama ini dinilai suspect virus corona maka harus dirujuk ke RSUD.

"Selanjutnya jika hasil pemeriksaan dokter RSUD dinyatakan positif, akan dirujuk kembali ke rumah sakit yang khusus menangani virus Corona. Ada enam rumah sakit khusus menangani virus corona sebagai rujukan," ujar dia.

Nurdin meminta masyarakat tetap tenang dan tidak panik dengan virus Corona karena Pemkab Karawang sudah mengantisipasi hal tersebut. Jika menemukan pasien dengan gejala batuk berat dan pilek, apalagi pernah berkunjung ke salah negara tertentu seperti China, maka harus segera melakukan pemeriksaan.

"Yang penting harus secepatnya diperiksa agar bisa segera terdeteksi. Ini untuk antispasi aja karena penyebaran virus corona cepat sekali," tutur Kadinkes.



(awd)

preload video