Satu dari Dua Pasien di RSHS Bandung Kemungkinan Negatif Corona

Selasa, 28 Januari 2020 - 16:04 WIB
Satu dari Dua Pasien di RSHS Bandung Kemungkinan Negatif Corona
RSHS Bandung, Jalan Dr Djunjunan (Pasteur), Kota Bandung. Foto/SINDOnews/Arif Budianto
A A A
BANDUNG - Meski belum berani menyimpulkan karena belum menerima hasil pemeriksaan laboratorium, namun pihak Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung menduga, kemungkinan satu dari dua pasien yang saat ini dirawat dan diisolasi, negatif terjangkit virus Corona.

Pasalnya, berdasarkan observasi yang dilakukan tim medis RSHS Bandung terhadap kedua pasien, salah satunya tidak menunjukkan gejala terjangkit Corona.

"Saya bisa pastikan bahwa pasien pertama (WNA China) kalau dihitung terakhir kembali dari China sampai saat sekarang sudah 15 hari dengan kondisi baik, kemungkinan besar negatif," kata Ketua tim penanganan infeksi khusus, Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung dr Yovita Hartantri, Selasa (28/1/2020).

Yovita mengemukakan, jika hasil pemeriksaan laboratorium Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kemenkes, Jakarta, terbukti negatif, pasien akan dipulangkan. Namun tentu setelah penyakit yang dideritanya sembuh.

"Sedangkan untuk pasien rujukan dari Rumah Sakit Boromeus Bandung, kami belum dapat memastikan pasien tersebut tertular atau tidak. Meski nanti hasil Balitbangkes negatif, kami akan masih menempatkan yang bersangkutan di ruang isolasi," ujar Yovita.

Pihaknya akan tetap memantau di ruang isolasi karena dia masih menggunakan alat bantu pernapasan. Jadi sampai tim memutuskan apakah memang pasien bisa rawat di luar ruangan isolasi.

Kalau memang bisa dirawat di luar ruang isolasi, kemungkinan besar pasien akan dikembalikan ke Rumah Sakit Boromeus karena permintaan keluarga.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.2960 seconds (0.1#10.140)