alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pilkada Kabupaten Tasikmalaya, PDIP Bakal Usung Ade Sugianto

Jani Noor
Pilkada Kabupaten Tasikmalaya, PDIP Bakal Usung Ade Sugianto
Ketua Bappilu PDIP Kabupaten Tasikmalaya Demi Hamzah Rahadian. Foto/SINDOnews/Jani Noor

TASIKMALAYA - Meski masa pendaftaran bakal calon bupati/wakil bupati ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tasikmalaya masih menyisakan waktu sekitar lima bulan lagi atau pertengahan Juni 2020, partai politik sudah mulai melakukan penjaringan.

Partai Golkar dan Partai Demokrat telah membuka pendaftaran sejak 21 Januari yang akan berakhir pada 30-31 Januari 2020. Sedangkan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)telah lebih dulu melakukan penjaringan dan memastikan mengusung bupati petahana Ade Sugianto.

"Kalau di internal, aspirasinya ke Pak Ade (bupati petahana) karena tidak ada lagi yang mendaftar. Ya sinyal-sinyalnya begitu. Artinya sampai saat ini tidak ada calon lain meskipun penentu ada di DPP," kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP Kabupaten Tasikmalaya Demi Hamzah Rahadian, Senin (27/1/2020).



Sementara itu, Sekretaris Tim Penjaringan Bakal Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah Partai Golkar Kabupaten Tasikmalaya Aang Budiana mengatakan, terdapat lima orang yang mengambil formulir pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati ke Partai Golkar.

Dua orang telah mendaftar, yaitu Azis Rismaya (pengusaha PO Mayasari) dan Iwan Saputra (birokrat). Sedangkan tiga lainnya, yakni Yod Mintaraga (anggota DPRD Jabar), Erry Purwanto (Ketua DPD Partai Golkar) dan Nanang Nurjamil.

"Yang daftar resmi baru dua orang. Kabarnya Bu Lina, istri Wagub dan dari Kemenag Suryana baru sebatas telepon," ujar Aang.

Menurut Aang, tugas partai sebatas melakukan penjaringan yang selanjutnya dilaporkan ke DPD untuk disampaikan ke DPP.

"Keputusan ada di DPP karena kami di sini sebatas menjaring. Pada 31 Januari mendatang, kami akan rapat verifikasi dengan perwakilan provinsi untuk diserahkan ke pusat," tutur dia.

Terkait keharusan berkoalisi, Aang mengungkapkan karena Partai Golkar hanya memilikitujuh kursi, soal koalisi diserahkan ke calon yang akan diusung kelak.

Sedangkan Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Tasikmalaya Ferry Wiliam mengemukakan, pihaknya sudah membuka pendaftaran bakal calon sejak Jumat 24 Januari 2020 dan akan ditutup pada 31 Januari 2020.

Sampai Senin 27 Januari 2020, kata Ferry, telah empat orang mendaftar, yakni Azis Rismaya, Iwan Saputra, Ujang Sukmana, dan Nanang Nurjamil. Sama seperti partai lain, Partai Demokrat Kabupaten Tasikmalaya akan melakukan verifikasi untuk disampaikan ke provinsi dan pusat.

"Nah terkait Azis Rismaya yang santer diusung Gerindra tidak jadi persoalan, karena dalam politik bisa saja begitu. Yang jelas Partai Demokrat punya kader yang diusung," kata Ferry.

Diketahui, Pilkada Kabupaten Tasikmalaya akan digelar pada 23 September 2020. Sejumlah bakal calon sudah meramaikan ruang publik dengan maraknya pemasangan baligo dan terjun ke masyarakat.



(awd)

preload video