alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Luapan Sungai Cinambo Juga Rendam Kelurahan Rancabolang

Agus Warsudi
Luapan Sungai Cinambo Juga Rendam Kelurahan Rancabolang
Kelurahan Rancabolang juga terendam banjir akibat curah hujan tinggi dan meluapnya Sungai Cinambo. Foto/SINDOnews/Agus Warsudi. Insert: Petugas mengevakuasi warga yang sakit. Foto/Humas Polrestabes Bandung

BANDUNG - Selain merendam Kompleks Perumahan Adipura, banjir yang terjadi sejak Jumat 24 Januari 2020 akibat curah hujan tinggi dan meluapnya Sungai Cinambo, juga merendam Kelurahan Rancabolang, Kecamatan Gedebage.

Bahkan, banjir kali ini dirasakan lebih parah dalam tiga tahun terakhir. Tinggi muka air (TMA) banjir di kawasan Rancabolang, terutama di RW 03, mencapai 80 sentimerer (cm). Tahun-tahun sebelumnya, TMA banjir hanya berkisar antara 20-30 cm. (BACA JUGA: Kawasan Gedebage Dilanda Banjir, Ini Kata Oded)

Ketua RW 03 Kelurahan Sapan Sulaeman mengatakan, di RW 03 terdapat 309 kepala keluarga (KK) atau 850 jiwa. Banjir merendam permukiman warga di lima rukun tetangga (RT). Terdapat 309 unit rumah di RW 03 yang terendam.



"Air banjir masuk ke rumah warga. Kemungkinan air surut akan lebih lama. Tiga tahun lalu, pernah kebanjiran tapi tidak setinggi sekarang, baru surut setelah dua minggu," kata Sulaeman, Minggu (26/1/2020).

Meski kebanjiran, ujar Sulaeman, warga tak banyak yang mengungsi. Namun ada sebagian warga yang menumpang di rumah tetangga atau masjid. Aliran listrik juga tak putus.

"Banjir di sini karena pembuangan dari beberapa tempat, seperti Perumahan Bandung Inten, Adipura, dan Riung Bandung. Semua ke sini," ujar dia.

Sementara itu, Dandim 0618/BS Kolonel (Inf) M Herry Subagyo mengatakan, pihaknya bersama Polrestabes Bandung berkoordinasi untuk memberikan bantuan kebutuhan pokok dan obat-obatan.

Untuk meminimalisasi banjir, kata Herry, Kodim 0618/BS dan Polrestabes Bandung akan mendatangkan pompa penyedot air tambahan. "Alat penyedot air dari pemkot sudah baik, tetapi jika ditambah dengan pompa-pompa kecil, air akan cepat surut," kata Herry saat meninjau lokasi banjir di Gedebage bersama Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Irman Sugema.

Di sela-sela meninjau kawasan banjir, Kapolrestabes Bandung dan anggota juga membantu mengevakuasi warga yang sakit ke Rumah Sakit Al Islam, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung.

Korban banjir yang sedang sakit tersebut, Ai (60) dan Elis (38), warga RT 04 RW 03, Kelurahan Rancabolang. Kapolrestabes mengantar warga yang sakit itu ke mobil polisi jenis Ford Ranger.

Luapan Sungai Cinambo Juga Rendam Kelurahan Rancabolang



(awd)

preload video