alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Tinjau Banjir di Adipura, Kapolrestabes Sarankan Warga Mengungsi

Agus Warsudi
Tinjau Banjir di Adipura, Kapolrestabes Sarankan Warga Mengungsi
Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Irman Sugema dan Komandan Kodim 0618/BS Kolonel Herry Subagyo meninjau kawasan terendam banjir Kompleks Adipura. Foto/Humas Polrestabes Bandung

BANDUNG - Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Irman Sugema dan Komandan Kodim 0618/BS Kolonel Herry Subagyo meninjau kawasan terendam banjir, Kompleks Perumahan Adipura, Kelurahan/Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, Minggu (26/1/2020).

Dalam peninjauan itu, selain memastikan kesiapan personel menjaga keamanan dan membantu warga menanggulangi dampak banjir, Kapolrestabes dan Dandim juga menyarankan warga untuk mengungsi jika banjir kembali terjadi.

Menurut Irman hujan lebat diprediksi kembali mengguyur Kota Bandung, termasuk kawasan timur, seperti Gedebage dan sekitarnya. Karena itu, Polrestabes Bandung mendirikan posko jaga dan menempatkan personel di kawasan ini untuk membantu evakuasi.



"Sejauh ini warga bertahan di rumah masing-masing. Kami melakukan patroli dan mengecek sejauh mana kondisi banjir terhadap keselamatan warga. Jika curah hujan kembali tinggi, kami sarankan mengungsi," kata Irman.

Upaya penanggulangan banjir telah dilakukan Pemkot Bandung dan Polda Jabar. Salah satu upaya untuk mengurangi debit air adalah menyedot menggunakan mobil penyedot air milik Dinas PU Kota Bandung dan dari Tim SAR Batalyon A Sat Brimob Polda Jabar.

Mobil penyedot berdaya 247 liter perdetik itu, menyedot air banjir yang menggenangi permukiman dan membuangnya ke Sungai Cibambo. Yang menjadi masalah, debit air di Sungai Cinambo pun tinggi. "Karena itu, tidak menutup kemungkinan jika hujan turun, kemungkinan air bakal balik lagi ke permukiman," ujar Irman.

Sementara itu, Ketua RW 10 Cluster Tulip Kompleks Perumahan Adipura Mito (35) mengatakan, saat ini banjir berangsur surut. Namun warga khawatir banjir kembali terjadi jika hujan turun.

"Selisih tinggi permukaan tanah antara permukiman dengan Cinambo hanya 65 senti. Jadi ketika Cinambo meluap, airnya membanjiri perumahan," kata Mito.



(awd)

preload video