Menpora Resmi Hentikan Liga Indonesia Selama Dua Pekan

Selasa, 25 September 2018 - 23:01 WIB
Menpora Resmi Hentikan Liga Indonesia Selama Dua Pekan
Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nachrawi. Foto/SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Insiden pengeroyokan yang menyebabkan Haringga Sirla, salah seorang suporter Persija Jakarta meninggal dunia di Bandung, berbuntut panjang. Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) resmi menghentikan pertandingan Liga Indonesia.

Diketahui, Haringga Sirla tewas dikeroyok sejumlah oknum bobotoh, sebelum laga klasik Persib Bandung kontra Persija Jakarta di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Minggu (23/9/2018).

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengumumkan penghentian kompetisi terbesar di Indonesia itu. ”Kejadian ini bukan lagi tragedi sepak bola, tetapi nasional. Atas kejadian ini, kami sebagai pemerintah memutuskan untuk menghentikan sementara Liga Indonesia selama dua pekan," Imam Nahrawi di Kemenpora, Jakarta, Selasa (25/9/2018).

Penghentian pertandingan Liga Indonesia, ujar Menpora, dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada korban, Haringga Sirla. Selain itu, selama liga diberhentikan, Kemenpora akan melakukan evaluasi besar dan melihat langkah-langkah yang diambil PSSI sebagai pemegang tanggung jawab.

Sebelumnya, Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) sebagai badan yang menangani olahraga profesional juga meminta kompetisi untuk disetop sementara. Harapannya, penghentian ini penyelesaian dan solusi dari karus kekerasan ini bisa diperoleh.

Dalam kesempatan ini, Ketua Umum BOPI Richard Sam Bera mengatakan ada enam sikap yang dikeluarkan terkait peristiwa ini. Pertama, BOPI mengutuk keras insiden di GBLA, dan berharap ini menjadi yang terakhir di dunia olahraga profesional di Indonesia khususnya sepak bola.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.7724 seconds (0.1#10.140)