alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ratusan Personel Polri-TNI Siap Amankan Imlek 2571 di Kota Bandung

Agus Warsudi
Ratusan Personel Polri-TNI Siap Amankan Imlek 2571 di Kota Bandung
Warga Tionghoa di Kota Bandung merayakan Imlek di sebuah klenteng. Foto/SINDO/Dok

BANDUNG - Sebanyak 556 personel Polrestabes Bandung, Polda Jabar, dan Kodim 0618/BS Kota Bandung siap mengamankan perayaan Imlek 2571 pada Sabtu 25 Januari 2020 di Kota Bandung.

Personel keamanan tersebut mengamankan ritual perayaan imlek di 26 vihara dan satu klenteng di Kota Bandung. Selain itu, terdapat dua pusat perbelanjaan dan satu hotel yang menggelar merayakan Imlek.

"Selain personel Polri dan TNI, pengamanan dibantu oleh petugas keamanan vihara dan klenteng," kata Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Irman Sugema di Mapolrestabes Bandung, Jalan Merdeka, Kota Bandung, Jumat (24/1/2020).



Malam ini, ujar Irman, beberapa vihara di Kota Bandung akan melaksanakan peribadatan Imlek yang dimulai dari pukul 19.00 WIB sampai pukul 01.00 WIB dini hari. Personel telah melakukan sterilisasi terhadap lokasi-lokasi yang melaksanakan kegiatan Imlek tersebut.

Selain itu untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat, Polrestabes Bandung pun melaksanakan patroli kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD).

"Kami juga telah menginstruksikan setiap polsek untuk melakukan patroli guna menjaga keamanan selama libur panjang ini," ujar Irman.

Selain mengamankan perayaan Imlek, tutur Kapolrestabes, pihaknya juga mengantisipasi membludaknya pengunjung atau wisatawan lokal ke Kota Bandung. Sebab, Imlek bertepatan dengan libur panjang.

"Satlantas Polrestabes Bandung sudah menyiapkan pengamanan di titik-titik kemacetan yang akan mengarah ke kawasan wisata," tutur Kapolrestabes.

Kasatlantas Polrestabes Bandung Kompol Bayu Catur Prabowo mengatakan, sesuai dari arahan Dirlantas Polda Jabar, pada pelaksanaan libur Imlek 2020 ini Polrestabes Bandung akan melakukan pengamanan bersama Polres Cimahi dan polres perbatasan lainnya.

"Seperti kawasan wisata Lembang. Nanti kita akan koordinasi dengan Polres Cimahi guna mengantisipasi kepadatan kendaraan pengunjung," kata Bayu ditemui di tempat sama.

Bayu mengemukakan, untuk mengurai kemacetan kendaraan ke arah Lembang, pihaknya telah menyiapkan beberapa cara bertindak. Diantaranya menyiapkan rekayasa arus lalu lintas.

"Kami menyiapkan rekayasa lalu lintas. Misalnya jika terjadi kepadatan di kawasan Setiabudi, arus kendaraan dari arah Pasteur akan dibelokan ke Jalan Sersan Bajuri. Kemudian jika dari terminal Ledeng kepadatan sampai Cokro, Pasteur, arus kendaraan akan diarahkan ke Jalan Surya Sumantri hingga titik temu di Kampus Advent," ujar Kasatlantas.

Bayu menuturkan, untuk masyarakat yang ingin ke kawasan Lembang, dapat juga menggunakan jalur alternatif, di antaranya melalui Padalarang atau keluar Tol Baros, Cimahi. "Dari sini, mereka bisa melalui Pemkab Bandung Barat. Itu sampai SPN Cisarua," tutur Bayu.

Kasatlantas memastikan tidak akan ada penutupan arus lalu lintas dari Sukajadi ke arah Lembang. Namun untuk sore hari, jika terjadi kepadatan kendaraan, pihaknya akan memberlakukan sistem buka tutup.

"Buka tutup dilaksanakan di titik Polsek Cidadap sampai kampus UPI. Tapi itu enggak lama hanya 10 sampai 20 menit. Kami pernah coba itu waktu libur panjang kemarin. Alhamdulillah bisa memecah kemacetan," tandas Bayu.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Saptono Erlangga Waskitoroso mengatakan, Polda Jabar dan seluruh jajaran dengan perbantuan unsur TNI dan instansi terkait, siap mengamankan perayaan Imlek 2571 dan Cap Gomeh.

Peningkatan pegamanan telah dilaksanakan sejak 23 Januari sampai 26 Januari 2020 mendatang guna menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarkat (kamtibmas) aman dan kondusif.

"Perayaan Tahun Baru Imlek 2571 pada Sabtu (25/1/2020), akan dirayakan selama 15 hari. Puncaknya pada 9 Februari 2020. Diperkirakan rangkaian kegiatan perayaan tersebut akan diisi dengan berbagai acara yang menarik perhatian publik. Karena itu dilakukan pengamanan," kata Erlangga.

Terutama Cap Gomeh, ujar Erlangga, biasanya diisi dengan tradisi pawai atau arak-arakan dan kesenian tradisional. Acara seperti ini, berlangsung vihara dan klenteng, serta pusat perbelanjaan.

"Jumlah personel yang dilibatkan dalam melaksanakan pengamanan Tahun Baru Imlek di seluruh wilayah hukum Polda Jabar sebanyak 19.973 personel. Petugas siap mengantisipasi segala bentuk kerawanan, baik kejahatan konvensional, kemacetan arus lalu lintas, kecelakaan, maupun bencana alam seperti banjir, longsor, putting beliung," ujar Kabid Humas.

Erlangga menuturkan, di wilayah hukum Polda Jabar, jumlah tempat ibadah umat Budha dan Konghucu sebanyak 88 unit. Tempat ibadah itu tersebut di wilayah hukum Polrestabes Bandung 35 unit, Polresta Bandung 3 vihara, Polres Cimahi 2 Vihara, Polres Bogor 3 vihara.

Kemudian, Polresta Bogor 6 vihara, Polres Majalengka 2 vihara, Polres Purwakarta 1 vihara, Polres Sukabumi 2 vihara, Polres Cianjur 6 vihara, Polres Karawang 7 vihara, Polres Sukabumi 4 vihara, Polres Tasikmalaya 1 vihara, Polres Cirebon Kota 5 vihara, dan Polres Garut 2 vihara.

"Diharapkan semua masyarakat turut serta secara aktif berpartisipasi dalam menjaga dan memelihara keamanan serta ketertiban dalam rangka perayaan Tahun Baru Imlek tahun 2020 ini," tandas Erlangga.



(awd)

preload video