Tingkatkan Image, Brand Clothing Bandung Ini Gandeng Seniman Jepang

Jum'at, 24 Januari 2020 - 16:47 WIB
Tingkatkan Image, Brand Clothing Bandung Ini Gandeng Seniman Jepang
Seniman Jepang Usugrow berkolaborasi dengan brand clothing Bandung Screamous. Foto/SINDOnews/Arif Budianto
A A A
BANDUNG - Brand produk clothing asal Bandung, Screamous, kembali berkolaborasi dengan seniman asal Jepang, Usugrow untuk beberapa produk mereka. Kolaborasi ini salah satu cara meningkatkan brand image produk Bandung.

Owner Screamous Nino Norman mengatakan, tahun ini pihaknya kembali bekerja sama dengan Usugrow untuk menghasilkan beberapa produk clothing, seperti t-shirt, sweater, jacket, tote bag, lighter, dan sticker set. Usugrow yang merupakan seniman kenamaan Jepang ini menjadi seniman yang mendesain gambar pada produk.

"Produk ini dibuat terbatas, karena memang targetnya untuk meningkatkan brand image produk Bandung. Walaupun, efeknya juga memberi tambahan penjualan bagi kami," kata Nino di Moxy Hotel, Jalan Ir Djuanda, Kota Bandung, Jumat (24/11/2020).

Kerja sama dengan Usugrow pernah dilakukan pada 2018 lalu. Usugrow adalah seniman Jepang asal Fukushima yang sangat dikagumi karyanya. Banyak alasan Screamous memutuskan berkolaborasi untuk yang kedua kalinya dengan Usugrow.

"Selain karena kami sangat mengapresiasi karya-karyanya, juga karena ada keterhubungan kuat dengan konsistensi proses berkaryanya. Hal tersebut menginspirasi kami sebagai brand yang mengkolaborasikan art dan music menjadi produk yang comfy dan timeless," ujar dia.

Usugrow merupakan seniman bereputasi dan berkelas dunia yang selalu diburu karyanya karena sejak memulai karirnya di tahun 1993. Dia sudah memiliki ciri khas detail seperti goresan tinta hitam di atas kertas putih polos dengan desain tengkorak.

Baginya tengkorak adalah simbol alam semesta. Inilah yang membuat nama Usugrow tidak cuma terkenal di Jepang saja, tapi juga di Eropa dan Amerika.

"Itu juga yang menjadi alasan mengapa banyak brand mengajaknya berkolaborasi untuk membuat produk special edition dengannya," tutur Usugrow.

Sedikit me-review perjalanan berkaryanya, pada tahun 2007 berkolaborasi dengan brand Secretbase, lalupada 2009 Usugrow berkolaborasi dengan Vans, dan Upper Playground.

Tahun 2015 dia berkolaborasi dengan Casio Taiwan, dilanjutkan di tahun 2017 berkolaborasi dengan Undefeated dan Volcom. Selanjutnya tahun 2018 melakukan kolaborasi dengan brand The Hundreds, dan masih banyak sederet kolaborasinya dengan brand streetwear lainnya.

Yang menarik dalam proses berkaryanya, Usugrow tetap menggunakan cara tradisional. Dia menggambar dengan menggunakan pensil atau kuas, kemudian diubah ke dalam bentuk digital. Tak heran jika detail setiap karyanya terlihat begitu luar biasa.

Dalam penciptaan artwork-nya, dia banyak ter-influence dari musik underground yang sering didengarkannya. Usugrow juga sering mengerjakan project ilustrasi, mural serta instalasi yang membuatnya sering bepergian ke kota-kota besar di berbagai negara di dunia.

Seperti, Mexico, Sydney dan Melbourne (Australia), London (Inggris), Moscow (Rusia), San Fransisco dan Honolulu (Amerika Serikat), Marrakesh (Maroko). Sedangkan ke Bandung merupakan kedatangan pertama kali, khusus untuk menghadiri launching produk kolaborasi dengan Screamous.

"Entah mengapa saya sangat suka huruf, salah satunya kaligrafi. Saya selalu membayangkan arti huruf itu. Saya tidak pernah memikirkan apakah itu terkait agama dan wilayah tertentu," kata Usugrow.

Menurut dia, pertimbangan dia mau kolaborasi dengan brand Bandung adalah produk Bandung yang terus berinovasi dan mengikuti perubahan. Selain itu, dari sisi jahitan dan printing cukup berkualitas. Sehingga layak dan sesuai dengan standar kualitas yang dia inginkan.

"Karya yang saya buat dari kerja sama ini adalah merefleksikan perkembangan diri seseorang yang agresif dan sekarang lebih tenang dan rileks," ujar dia.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.7430 seconds (0.1#10.140)