Pemkot Bogor Bangun Sekolah Satu Atap Rp5,5 Miliar

Jum'at, 24 Januari 2020 - 10:42 WIB
Pemkot  Bogor Bangun Sekolah Satu Atap Rp5,5 Miliar
Pemkot Bogor berencana melaksanakan tahapan pembangunan Sekolah Satu Atap di Kelurahan Kencana, Tanah Sareal, Kota Bogor, Jawa Barat, tahun ini. Ilustrasi/SINDOnews
A A A
BOGOR - Pemkot Bogor berencana melaksanakan tahapan pembangunan Sekolah Satu Atap di Kelurahan Kencana, Tanah Sareal, Kota Bogor, Jawa Barat, tahun ini. Anggaran untuk salah satu program prioritas yang harus direalisasikan ini sebesar Rp5,5 miliar.

"Pembangunan akan memakan waktu kurang lebih sekitar enam bulan. Maka dari itu, lelang tersebut harus dibuka pada awal tahun mengingat durasi pembangunan konstruksinya yang cukup lama. Saya minta bisa lebih awal pelaksanaan tendernya," ungkap Sekertaris Daerah Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat, Jumat (24/01)

Dia menjelaskan, terkait proyek tiga sekolah yang gagal lelang tahun lalu, pihaknya berencana memproses pasca-proyek Sekolah Satu Atap tersebut rampung. "Yang pasti 2020 merupakan tahap pertama dengan lokasi Kelurahan Kencana," katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor, Fahrudin mengatakan, pembangunan Sekolah Satu Atap di Kelurahan Kencana merupakan pembangunan tahap pertama yang dilakukan Disdik Kota Bogor. "Infrastruktur merupakan bagian penting yang ingin dicapai Pemkot Bogor," ujarnya.

Dia tak ingin melihat lagi proses yang molor akibat gagal lelang pada tahun sebelumnya. "Pembangunan ini akan dilaksanakan di Kecamatan Tanah Sareal. Ada SD dan SMP-nya dalam satu atap," ucapnya. (Baca juga; Sekolah dan Kelurahan di Bogor Harus Sigap Bencana )

Untuk menghindari gagal lelang seperti tahun sebelumnya, proses lelang akan disegerakan secepat mungkin. Mengingat program ini merupakan salah satu program yang diprioritaskan Wali Kota Bogor, Bima Arya saat disampaikan dalam rapat koordinasi bersama Bappeda Kota Bogor.

"Proses lelangnya Insya Allah 24 Februari 2020 yah. Saat briefing staff bersama, pak Sekda tadi meminta untuk didahulukan karena itu kan agenda prioritas," paparnya. (Baca juga; Pemkot Bogor Matangkan Konsep Alun-Alun Senilai Rp15 Miliar )

Sekadar diketahui, program Sekolah Satu Atap ini sebagai salah satu upaya untuk menjangkau anak usia kategori SMP agar mudah mengakses sekolah lebih dekat dengan wilayah rumahnya. Program tersebut diharapkan dapat mengefisiensi anggaran pendidikan berupa infrastuktur, gaji guru dan operasional lain termasuk ongkos sekolah siswa yang kerap jadi penghalang siswa melanjutkan sekolah.

Adapun 10 pembangunan prioritas Kota Bogor pada 2020, yakni pelebaran jembatan Otista dengan anggaran Rp40 Miliar, penataan Suryakencana dengan anggaran Rp30 Miliar, pembangunan Alun-alun Kota Bogor dengan anggaran Rp12 Miliar, pembangunan Masjid Agung Kota Bogor dengan anggaran Rp14,6 Miliar.

Revitalisasi gedung perpustakaan dengan anggaran Rp14,6 Miliar, pembangunan Puskesmas Kayumanis dengan anggaran Rp 5,7 Miliar, pembangunan Puskesmas Gang Aut dengan anggaran kurang lebih Rp4 Miliar, pembangunan Puskesmas Lawang Gintung dengan anggaran Rp4,7 Miliar, pembangunan Sekolah Satu Atap di Kelurahan Kencana dengan anggaran Rp 5,5 Miliar, pengadaan alat kesehatan RSUD dengan anggaran Rp55 Miliar.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3818 seconds (0.1#10.140)