Calon Sekda KBB Mengerucut 3 Nama, Siapa yang Dipilih Aa Umbara?

Selasa, 25 September 2018 - 12:57 WIB
Calon Sekda KBB Mengerucut 3 Nama, Siapa yang Dipilih Aa Umbara?
Plt Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) KBB Agus Maolana. Foto/SINDOnews/Adi Haryanto
A A A
BANDUNG BARAT - Proses panjang open bidding pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bandung Barat (KBB) memasuki babak puncak. Panitia seleksi (pansel) yang diketuai Muhammad Solihin dalam surat pengumuman Nomor 07/PANSEL/2018 tanggal 21 September 2018 telah menetapkan tiga peserta dengan nilai terbaik.

Tiga nama tersebut adalah Asisten Daerah (Asda) III Pemda KBB Agustina Piryanti, Kepala Dinas Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Asep Sodikin, dan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBP3A) Asep Wahyu FS. Nama-nama tersebut kini telah disampaikan ke Bupati KBB Aa Umbara Sutisna.

"Keputusan panitia seleksi ini bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat," kata Muhammad Solihin, Selasa (25/9/2018).

Siapa nantinya yang akan menduduki kursi Sekda KBB masih menjadi misteri. Namun, jika melihat catatan pengisian paket bupati-sekda sejak era di Kabupaten Bandung saat KBB belum terbentuk, fakta sejarah bisa saja jadi acuan. Pada tahun 1997-2000 ketika Obar Sobarna menjadi Ketua DPRD Kabupaten Bandung, Sekretaris DPRD adalah Abubakar. Kemudian tahun 2000-2007 saat Obar Sobarna jadi Bupati Bandung, Sekdanya adalah Abubakar.

Setelah KBB terbentuk hasil dari pemekaran Kabupaten Bandung pada 2007, Abubakar menjadi Bupati KBB. Kemudian pada periode 2009-2014 Ketua DPRD KBB dipegang oleh Aa Umbara Sutisna dan Sekretaris DPRD Asep Wahyu FS. Kini, setelah Aa Umbara terpilih menjadi Bupati KBB 2018-2023, mungkinkah Sekda KBB dijabat oleh Asep Wahyu FS yang menjadi tandem sebelumnya di DPRD? Jika itu terjadi, sejarah paket bupati-sekda di Kabupaten Bandung benar menular ke KBB.

Pelaksana Tugas (Plt) Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) KBB Agus Maolana mengatakan, tiga nama terbaik hasil seleksi telah disampaikan ke bupati, Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Kemendagri, dan Gubernur Jabar. Mereka telah memenuhi persyaratan, di antaranya, usia maksimal 56 tahun pada waktu pelantikan, tidak jadi pengurus partai politik, tidak sedang menjalani hukuman dan tersangkut kasus pidana atau perdata.

"Dari tiga kandidat akan dipilih satu oleh Pak Bupati. Berdasarkan jadwal pejabat yang terpilih menjadi sekda akan dilantik pada 23 Oktober 2018," sebut Agus.

Seperti diketahui, open bidding Sekda KBB awalnya diikuti sembilan pejabat yakni Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Wandiana, Asda II KBB Asep Ilyas, Staf Ahli Pemkot Bandung Aji Giatmiko Sugiat, Kepala Dinas Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Asep Sodikin, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBP3A) Asep Wahyu FS, Staf Ahli Pemda KBB Asep Sehabudin, Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman KBB Rachmat Adang Syafaat, Plt Kadisperindag Maman Sulaeman, dan Asda III KBB Agustina Priyanti.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.5753 seconds (0.1#10.140)