Kepala Daerah di Jawa Punya Peluang Besar pada Pilpres 2024

Kamis, 23 Januari 2020 - 09:20 WIB
Kepala Daerah di Jawa Punya Peluang Besar pada Pilpres 2024
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Keberhasilan kepala daerah bukan satu-satunya faktor yang bisa mendorong untuk berkontestasi pada level yang lebih tinggi yakni, Pilpres 2024 . Analis Politik asal UIN Jakarta, Bakir Ihsan menilai, wilayah strategis yang menjadi sorotan publik, seperti Jakarta dan provinsi di pulau Jawa, memberikan peluang besar karena secara politik masih Jawa sentris.

Dia mengakui, meski politik di tanah air menginginkan keluar dari dikotomi Jawa dan luar Jawa, namun hal tersebut masih sulit dinegasikan. "Potensi yang dimiliki kepala daerah di pulau Jawa lebih besar dibandingkan dari luar Jawa,” kata Bakir saat dihubungi Sindonews, Kamis (23/1/2020).

Berdasarkan hal tersebut, kata Bakir, sosok yang berpotensi untuk bertarung dalam kontestasi 2024 adalah mereka yang punya peran atau posisi penting di pulau Jawa, termasuk DKI sebagai ibu kota negara. Sebut saja Anies Baswedan, Ridwan Kamil, Ganjar Pranowo, Tri Rismaharini, Azwar Anas dan kepala daerah lainnya.

"Tidak kalah pentingnya adalah kesempatan untuk menjadi bagian dari wacara publik (publisitas) yang bisa dibangun melalui beragam strategi. Apalagi dari segi etnisitas, Jawa juga mayoritas," ucapnya.

Adapun dari provinsi di luar Jawa bisa jadi muncul sosok karena adanya momentum tertentu yang akan terjadi sampai menjelang 2024. (Baca juga; Tiga Hal Pengaruhi Peluang Gatot Nurmantyo di Pilpres 2024 )
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.4758 seconds (0.1#10.140)