alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ular Weling Buat Mainan, Bocah 11 Tahun di Ujungberung Meregang Nyawa

Agus Warsudi
Ular Weling Buat Mainan, Bocah 11 Tahun di Ujungberung Meregang Nyawa
Ular weling sangat berbisa. Foto/Rupert G Lewis

BANDUNG - Andi Ramdani, seorang bocah laki-laki berusia 11 tahun, warga Jalan Nagrog, Gang Kramat RT 04/09, Kelurahan Pasirjati, Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung, meninggal dunia diduga akibat dipatuk ular weling, rabu (22/1/2020).

Komandan Peleton (Danton) 1 Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung Solehudin mengatakan, pihaknya menerima laporan sekitar pukul 17.10 WIB dari Camat Ujungberung Taufik melalui Emergency Call 113.

"Setelah menerima laporan, tim meluncur ke lokasi kejadian dan tiba sekitar pukul 17.40 WIB. Tiba di lokasi, tim melakukan penyisiran untuk mencari dan menemukan ular weling yang menggigit korban," kata Solehuddin.



Solehudin mengemukakan, penanganan mulai dilakukan sekitar pukul 17.50 WIB dan selesai 18.40 WIB. "Di lokasi tim berkoordinasi dengan pelapor mengenai kronologi kejadian. Kemudian melakukan penyisiran selama lebih kurang 50 menit dan berhasil menemukan ular lalu mengevakuasi," kata Solehudin.

Menurut Solehudin, berdasarkan keterangan warga, peristiwa tragis yang menimpa korban Andi Ramdani berawal sekitar pukul 08.30 WIB. Saat itu, korban Andi membawa ular sepanjang 1,5 meter.

Oleh korban, ular berwarna hitam dan berbisa itu digunakan untuk bermain dan hendak dijual. Orang tua dan warga sekitar telah memperingatkan korban agar tidak bermain dengan ular.

Satu jam kemudian atau sekitar pukul 09.00 WIB terdengar korban berteriak meminta tolong karna dipatuk ular. Orang tua korban sempat melakukan penanganan dengan menggunakan air hangat ditambah garam dan mengikat bagian yang dipatuk ular.

"Bahkan korban sempat dilarikan ke RSUD Ujungberung tetapi nahas nyawa karban tidak tertolong. Korban dibawa kerumah duka pada pukul 16.00 WIB," ujar Solehudin.



(awd)

preload video