alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Jembatan Cilengkrang Ambles, Akses ke Kantor Pemda KBB Lumpuh

Adi Haryanto
Jembatan Cilengkrang Ambles, Akses ke Kantor Pemda KBB Lumpuh
Lokasi Jembatan Cilengkrang di Kampung Sukamanah, Desa Cilame, Kecamatan Ngamprah, KBB, ambles. Akibatnya, akses kendaraan roda empat di wilayah ini lumpuh, Selasa (21/1/2020). Foto/SINDOnews/Adi Haryanto

BANDUNG BARAT - Akses jalan alternatif menuju kantor Pemda Kabupaten Bandung Barat (KBB) di Mekarsari, Ngamprah, dari arah Cimahi ini terputus.

Pasalnya Jembatan Cilengkrang di Kampung Sukamanah, Desa Cilame, Kecamatan Ngamprah, KBB, ambles, pada Selasa (21/1/2020) siang.

"Sebelumnya sudah ada retakan, mungkin karena tak kuasa menahan beban, apalagi sekarang intensitas hujan sedang tinggi, akhirnya jalan itu ambles," terang Kepala Desa Cilame, Aas Mohammad Asor, Selasa (21/1/2020).



Aas menyebutkan, jembatan yang ambles itu memiliki lebar 3 meter dan panjang 5 meter dan melintang di atas Sungai Cilengkrang. Meskipun jalan alternatif, tapi setiap harinya, jalur tersebut ramai dilintasi kendaraan baik dari arah Cimahi menuju Kantor Pemda Bandung Barat ataupun sebaliknya. Sehingga dengan kejadian ambles ini maka praktis jalur ini menjadi lumpuh karena kendaraan roda empat tidak bisa lewat.

Dia mensinyalir jembatan itu diduga ambles akibat struktur yang sudah rapuh karena tak lagi kuat menahan beban kendaraan yang melintas. Sejak terlihat retakan di jembatan tersebut, pihaknya sudah memasang rambu peringatan di lokasi agar kendaraan berat tidak masuk. Namun karena volume kendaraan yang melintas cukup tinggi, jembatan tersebut akhirnya ambles.

"Sejak tahun 2013 jalan itu statusnya sudah jadi jalan kabupaten. Pemeliharaannya diserahkan ke pemda, dan sejak itu kendaraan yang melintas ke sini semakin banyak," ujarnya.

Salah seorang pengguna jalan, Gugum (39) menyebutkan, akses jalan alternatif ini memang jarak terdekat yang bisa ditempuh dari Kota Cimahi menuju kantor Pemda KBB.

Akibat ambles, kendaraan roda empat praktis tidak bisa melintas dan harus menempuh rute lebih jauh ke Jalan Raya Gadobangkong. Dia berharap perbaikan jembatan ambles ini bisa secepatnya dilakukan agar aktivitas warga tidak terganggu.

"Ya kalau muter lewat jalan utama (Jalan Raya Gadobangkong) lebih jauh. Makanya semoga secepatnya diperbaiki lagi," tuturnya.



(awd)

preload video