Dandim 0619 Maksimalkan Satuan Organik untuk Kawal Pemilu Demokratis

Senin, 24 September 2018 - 19:47 WIB
Dandim 0619 Maksimalkan Satuan Organik untuk Kawal Pemilu Demokratis
Dandim 0619 Purwakarta Letkol Arh Yogi Nugroho bersama Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika melepas burung merpati sebagai pertanda dimulainya masa kampanye Pemilu 2019. Foto/SINDONews/Asep Supiandi
A A A
PURWAKARTA - Kodim 0619 Purwakarta memaksimalkan satuan organik TNI hingga ke tingkat bintara pembina desa (babinsa) untuk mengawal pelaksanaan Pemilu 2019 agar berjalan aman dan damai.

Salah satu institusi TNI ini pun membidik pimpinan partai politik dan semua komponen masyarakat untuk diajak kerja sama menciptakan situasi kondusif itu.

Komandan Kodim 0619 Purwakarta Letkol Arh Yogi Nugroho mengatakan, jajarannya siap mem-backup pengamanan pesta demokrasi Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 dari awal hingga selesai. Satuan organik yang bertugas di 192 desa/kelurahan ikut dilibatkan dalan mengawal pesta demokrasi.

"Pastinya dong, kami harus siap mengawal pesta demokrasi ini. Tentu, tahapan pesta demokrasi ini (kampanye) menjadi pembelajaran bagi seluruh masyarakat masyarakat. Ibaratnya sekolah sebagai bagian dari proses belajar, bagaimana masyarakat ikut berperan dalam berdemokrasi dan berkampanye secara baik," kata Yogi kepada SINDONews seusai menghadiri deklarasi Pemilu Damai di Gedong Sigrong, Purwakarta, Senin (24/9/2018).

Sementara itu, Dandim 0619 pun bersama Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, dan Ketua KPU Purwakarta Ramlan Maulana melepas merpati di pintu masuk Gedung Bakorwil Purwakarta, Jalan KK Singawinata. Pelepasan merpati ini sebagai simbol dimulainya kampanye Pemilu 2019 yang aman dan damai.

Seusai pelepasan merpati, acara dilanjutkan dengan konvoi kendaraan dari 16 partai politik (parpol) menyusuri sejumlah jalan protokol. Agenda ini pun diharapkan sebagai sarana sosialisasi partai politik dengan 615 caleg DPRD Purwakarta.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9807 seconds (0.1#10.140)