alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ridwan Kamil Berharap Rektor Baru Percepat Pembangunan ITB Cirebon

Arif Budianto
Ridwan Kamil Berharap Rektor Baru Percepat Pembangunan ITB Cirebon
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berharap, rektor baru ITB Reini Wirahadikusumah dapat mempercepat proses pembangunan ITB kampus Cirebon. Foto/Dok/SINDOnews

BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berharap, rektor baru ITB Reini Wirahadikusumah dapat mempercepat proses pembangunan ITB kampus Cirebon. Pembangunan kampus tersebut diharapkan meningkatkan pemerataan pendidikan di Jawa Barat.

"Kami ada program yang sedang intent dilakukan, lagi minta persetujuan dewan, yaitu membangun ITB di Cirebon. Mudah-mudahan di kepemimpinan Reini bisa diselesaikan secepatnya," kata Ridwan Kamil seusai menghadiri pelantikan Rektor ITB, Senin (20/1/2020).

Menurut dia, pembangunan ITB Cirebon diperlukan untuk pemerataan pendidikan di Jawa Barat, khususnya di wilayah Pantura. ITB Cirebon juga diharapkan menjadi pondasi pengembanhgan sumber daya manusia (SDM) unggul. (Baca juga; Resmi Dilantik, Ini Rencana Pengembangan Rektor Perempuan Pertama ITB)



Basisnya, kata Ridwan Kamil, SDM yang bisa bersaing dan berinovasi. Serta memiliki empat keunggulan lainnya. Yaitu memiliki kecerdasan tinggi, berakhlak, dan fisik kuat. Komponen itu, perlu dukungan dari perguruan tinggi yang ada di Jabar.

Lebih lanjut Ridwan Kamil menjelaskan, saat ini kampus ITB Cirebon sudah mulai tahap konstruksi. Targetnya, pembangunan gedung kuliah selesai tahun ini. Sehingga proses perkuliahan mahasiswa ITB Cirebon bisa segera dimulai.

"Sekarang sementara mahasiswanya masih belajar di Jatinangor. Tapi nanti kalau bangunan pertamanya, gedung kuliah selesai, maka perkuliahan akan bisa dimulai di Cirebon," katanya.

Ridwan Kamil menyebut, Rektor Perempuan pertama yang relatif muda, diharapkan menjadi trigger kemajuan ITB. Pihaknya menancapkan harapan besar kepada ITB membantu inovasi pemerintah dan pengembangan teknologi.

Dalam waktu dekat, Pemprov Jabar dan ITB akan menggelar pertemuan untuk membahas kerja sama lebih intensif. "Minggu depan kami akan rapat, ITB dan pemprov," imbuhnya.



(wib)

preload video