29 Gamer Bakal Maju ke Piala Presiden di Jakarta

Senin, 20 Januari 2020 - 11:44 WIB
29 Gamer Bakal Maju ke Piala Presiden di Jakarta
Tim ELVO G.I menjadi pemenang game Free Fire di Final Kualifikasi Regional Indonesia Barat Piala Presiden Esports 2020 digelar di 23 Paskal Shopping Center Bandung, akhir pekan kemarin. SINDOnews/Arif Budianto
A A A
BANDUNG - Sebanyak 29 atlet akan melaju ke final nasional Piala Presiden Esports 2020 di Jakarta. Mereka adalah para pemenang pada Final Kualifikasi Regional Indonesia Barat Piala Presiden Esports 2020 digelar di 23 Paskal Shopping Center, Bandung , pada 18 - 19 Januari 2020, akhir pekan kemarin.

Ke-29 atlet adalah ELVO G.I (4 pemain) sebagai pemenang game Free Fire, satu pemenang game eFootball Pro Evolution Soccer (PES), dan 24 pemenang dari game Mobile Premiere League (MPL). Para pemenang, sebelumnya berhasil menyisihkan ratusan ribu gamer dan babak kompetisi di 23 Pascal.

Atlet esports yang berlaga pada Final Kualifikasi Regional Barat sebanyak 204. Terdiri dari 12 tim (48 pemain) untuk game Free Fire, 64 pemain di game eFootball Pro Evolution Soccer (PES), dan 92 pemain di game Mobile Premiere League (MPL).

Sebelum, Piala Presiden Esports 2020 telah menghasilkan 10 pemenang dari Final Kualifikasi Regional Timur. Terdiri dari delapan pemenang Mobile Premiere League (MPL), satu pemenang eFootball Pro Evolution Soccer (PES), dan satu tim pemenang Free Fire.

Para pemenang dari dua regional ini akan mewakili Indonesia bertanding melawan atlet juara kualifikasi dari negara-negara regional Asia Tenggara. Yaitu Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Kamboja. Tahap pamungkas Final Nasional Piala Presiden Esports 2020 tersebut akan diselenggarakan di ICE BSD pada 1 dan 2 Februari mendatang.

Tim ELVO G.I dari game Free Fire berucap, bahwa tahap berikutnya jauh lebih kompetitif karena para atlet terbaik dari negara-negara Asia Tenggara memiliki gaya bermain yang berbeda-beda. Namun mereka tak patah arang untuk meraih gelar juara Piala Presiden Esports 2020 pada game Free Fire.

“Terpilih sebagai pemenang Free Fire di Final Kualifikasi Regional Barat menjadi satu langkah besar bagi kami. Kami akan menyiapkan strategi bermain yang lebih matang untuk menghadapi tim Free Fire dari Indonesia maupun Asia Tenggara. Ini merupakan kans kami melangkah lebih besar lagi menjuarai Piala Presiden Esports 2020, kata Jey selaku kapten tim ELVO G.I.

Ketua Panitia Penyelenggara Piala Presiden Esports 2020 Giring Ganesha mengatakan, pihaknya bersyukur acara ini digelar lancar dan disambut antusias para gamer dan penonton. Dia menyebut, acara berjalan lancar tidak ada masalah koneksi.

"Antusiasme pemain dan penonton juga luar biasa sekali. Kami juga sangat bersyukur dapat dukungan penuh dari staf kepresidenan dan kementerian, sehingga secara penyelenggaraan jauh lebih baik dari tahun lalu," bebernya.

Giring mengaku, para gamer yang bertarung di wilayah barat menunjukkan kualitas bermain yang cukup bagus. Mental mereka dalam berkompetisi cukup baik. Saat final, para peserta bermain adu skil, untuk menjadi pendek nah.

"Finalis pada tim free fire misalnya, juga memberikan permainan terbaik. Karena mereka adalah hasil seleksi dari 100.000 lebih pendaftar tahun ini. Mereka yang paling baik dari terbaik di regional barat," imbuhnya. (Baca juga; Ratusan Gamers Berlaga di Bandung Berebut Tiket Final Piala Presiden Esport )

Sementara itu, Tenaga Ahli Muda Kantor Staf Presiden Aditya Syarief Darmasetiawan mengatakan, acara ini digelar sebagai bentuk dukungan pemerintah khususnya Presiden Joko Widodo terhadap industri kreatif di Indonesia. Terutama mendukung perkembangan industri game dan e sport dalam negeri.

"Ini dukungan untuk menyalurkan hobi dan bakat anak muda ke arah yang lebih positif. Kami sangat gembira melihat antusiasme anak muda dan masyarakat umum pada kompetisi ini. Kami berharap acara ini akan terus digelar setiap tahunnya," sebutnya.

Pemenang dari game eFootball Pro Evolution Soccer (PES), Doni Pratama Sakti mengaku bangga terpilih menjadi perwakilan dari Indonesia Barat untuk berhadapan dengan atlet PES dari negara tetangga. Atlet perwakilan dari tim NXL ini akan mempersiapkan strategi khusus, mencari formasi-formasi baru, serta gaya bermain yang variatif guna bertanding di Final Nasional.

"Meski menjadi pemenang di tahap ini, saya tidak mau berbesar hati. Karena masih ada satu tahap lagi dengan level kesulitan yang jauh lebih tinggi. Kemenangan ini menjadi kemenangan seluruh atlet PES dari Indonesia Barat. Semoga saya bisa mewakili Indonesia menyandang gelar juara Piala Presiden Esports 2020 dari game PES," ujar Doni.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.3078 seconds (0.1#10.140)