Berduka, Emil Minta Pengeroyok Haringga Sirila Dihukum Berat

Senin, 24 September 2018 - 09:29 WIB
Berduka, Emil Minta Pengeroyok Haringga Sirila Dihukum Berat
Ridwan Kamil. Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengutuk kekerasan oknum Bobotoh yang mengakibatkan suporter Persija Jakarta Haringga Sirila tewas, jelang laga Persib Bandung vs Persija Jakarta, Minggu (23/9/18). Korban merupakan anggota The Jakmania.

Gubernur yang akrab disapa Emil itu pun menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya kepada The Jakmania dan keluarga korban yang ditinggalkan. "Saya sangat berdukacita atas meninggalnya suporter Persija atas nama Haringga Sirila, warga Cengkareng. Sangat kecewa dan menyesalkan tindakan biadab oknum Bobotoh yang menodai kemenangan tim Persib yang didapat dengan susah payah," ungkap Emil dalam keterangan tertulisnya, Senin (24/9/2018).

Secara pribadi, Emil pun memohon maaf kepada keluarga korban dan rekan-rekan The Jakmania, termasuk Persija Jakarta. Emil berharap, para pelaku pengeroyokan dihukum setimpal dan kejadian memalukan tersebut tak terulang.

"Saya sudah meminta kepolisian untuk menangkap dan menghukum seberat-beratnya kepada oknum biadab yang terlibat. Lima tersangka sudah ditangkap dan ditahan di Polrestabes Bandung," tegasnya.

Emil juga sangat berharap, peristiwa ini menjadi pembelajaran bagi siapa pun agar tidak memiliki fanatisme berlebihan. "Karena Merah Putih dan Indonesia Raya kita masih sama. Bagi saya lebih baik tidak ada liga sepak bola jika harus mengorbankan nyawa manusia. Hapunten (maaf)," ujar Emil.

Kematian Haringga menambah daftar panjang korban yang jatuh akibat kekerasan dalam laga sepak bola. Khusus rivalitas Persib vs Persija, berdasarkan laporan Save Our Soccer, terdapat enam korban meninggal dunia, termasuk Haringga. (Baca Juga: Suporter Persija Tewas Dikeroyok di GBLA, Ini Sikap Menpora(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6466 seconds (0.1#10.140)