alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Sunda Empire Tak Terdaftar di Kesbangpol Subang

Didin Jalaludin
Sunda Empire Tak Terdaftar di Kesbangpol Subang
Kelompok Sunda Empire saat menggelar kegiatan di Isola, Kampus UPI, Jalan Setiabudi, Kota Bandung pada 2017 silam. Foto/Facebook

SUBANG - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Subang, Jawa Barat tak memastikan Kelompok Sunda Empire terdaftar di lembaganya. Pihaknya masih menelusuri kelompok yang disebut terdaftar di Kesbangpol Subang dengan nomor 225-32-12/18/IV/2015 itu.

"Organisasi masyarakat yang terdaftar dengan nomor 225-32-12/18/IV/2015 yang ada di kami adalah atas nama Kabupaten Subang Development Committee (Bang DEC), bukan Sunda Empire, yang mengklaim sebagai kekaisaran bumi dan matahari yang viral di media sosial itu," kata Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Subang Udin Jazudin saat dihubungi SINDOnews, Sabtu (18/1/2020).

Menurut Udin, tidak menutup kemungkinan jika benar organisasi itu adalah organisasi yang sama, Sunda Empire, bisa saja mereka berubah nama.



Karena dari banyak kasus ada organisasi yang merubah nama tanpa melaporkan kembali ke Kesbangpol. Bahkan jarang melaporkan setiap kegiatan mereka. "Padahal harusnya organisasi yang terdaftar di Kesbangpol rutin melaporkan kegiatannya ke kami setiap bulan," ujar dia.

Saat ini, tutur Udin, Kesbangpol Subang masih menelusuri keberadaan kelompok Bang DEC tersebut. Termasuk mendatangi organisasi Bang DEC yang tercatat di Kesbangpol Subang, dengan nomor surat terdaftar 225-32-12/18/IV/2015.

"Dalam surat terdaftar yang dikeluarkan Kesbangpol Subang Kelompok Bang DEC juga mendaftar pada 2015. Tepatnya pada bulan April 2015. Bidang organisasi-nya adalah kemanusiaan dan beralamat di Desa Bantarsari, Kecamatan Cijame-Subang," tutur Udin.

Nomor terdaftar Bang DEC tersebut sama dengan nomor yang diinformasikan sejumlah media massa mengenai Kelompok Sunda Empire yang disebutkan terdaftar di Kesbangpol Subang. (BACA JUGA: Polda Jabar Selidiki Aktivitas Sunda Empire, Ini Fakta yang Ditemukan)

Sumber berita itu dari Kepala Bidang Politik Dalam Negeri dan Organisasi Masyarakat Kesbangpol Kota Bandung Inci Dermaga yang diwawancarai wartawan di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Jumat, 17 Januari 2020.

Inci menyebut Kelompok Sunda Empire-Earthe Empire dipastikan tak terdaftar di Kesbangpol Kota Bandung, Jawa Barat. Namun dikabarkan terdaftar di Kesbangpol Kabupaten Subang sejak 2015 dengan nomor 225-32-12/18/IV/2015.

Setelah mendapat informasi itu, Kesbangpol Kota Bandung berkoordinasi dengan Pemkab Subang dan hingga saat ini masih dalam proses pengecekan.

Inci juga mengungkapkan, Sunda Empire pernah melaksanakan kegiatan dengan jumlah massa yang banyak di Bandung pada 2017 dan 2018 di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. (BACA JUGA: Sunda Empire Pernah Pakai Sarana Kampus, Ini Penjelasan UPI Bandung)

Polisi dan TNI dari Kodam III/Siliwangi, pernah menegur pihak Sunda Empire karena mengenakan atribut organisasi di lingkungan kampus. Kegiatan mereka telah diawasi dan ditindak instansi yang berwenang. (BACA JUGA: Polda Jabar Siapkan Langkah Hukum Atas Kemunculan Sunda Empire)



(awd)

preload video