Polda Jabar Selidiki Aktivitas Sunda Empire, Ini Fakta yang Ditemukan

Sabtu, 18 Januari 2020 - 14:36 WIB
Polda Jabar Selidiki Aktivitas Sunda Empire, Ini Fakta yang Ditemukan
Komunitas Sunda Empire menggelar kegiatan di Isola, Kampus UPI, Jalan Setiabudi. Foto/Facebook
A A A
BANDUNG - Polda Jabar tengah menyelidiki aktivitas komunitas Sunda Empire atau Kekaisaran Sunda alias Kekaisaran Matahari. Sementara ini, Polda mendapatkan fakta, Sunda Empire pernah menggelar kegiatan di Lapangan Gasibu, Kota Bandung.

Fakta tersebut diperoleh polisi setelah menelusuri akun-akun media sosial yang mengunggah foto dan video aktivitas komunitas Sunda Empire yang mengklaim sebagai kekaisaran dunia tersebut.

"Profiling kami, mereka (komunitas Sunda Empire) melakukan kegiatan lima kali di UPI (Universitas Pendidikan Indonesia). Terakhir (di UPI) pada Oktober 2019. Untuk yang di Gasibu pada 2018. Sejauh ini, hal itu dulu yang tengah kami dalami," kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Saptono Erlangga Waskitoroso, Sabtu (18/1/2020). (BACA JUGA: Sunda Empire Pernah Pakai Sarana Kampus, Ini Penjelasan UPI Bandung )

Diketahui, jauh sebelum Kerajaan Keraton Agung Sejagat pimpinan Totok Santosa Hadiningrat dan permaisuri Dyah Gitarja di Provinsi Jawa Tengah menghebohkan masyarakat, di Kota Bandung pernah muncul Sunda Empire atau Kekaisaran Sunda pada 2018. (BACA JUGA: Soal Sunda Empire, Gubernur Imbau Warga Jabar Kedepankan Logika dan Akal Sehat )

Namun seiring kemunculan Kerjaan Keraton Agung Sejagat, media sosial kembali diramaikan dengan fenomena Sunda Empire. Foto-foto dan video pimpinan serta anggota Sunda Empire menyebar cepat di dunia maya.

Berdasakan informasi yang dihimpun, komunitas tersebut sempat menggelar deklarasi pada 2018 di Isola, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Jalan Setiabudhi, Kota Bandung. Komunitas Sunda Empire mengklaim pemerintahan dunia segera berakhir pada 15 Agustus 2020. Setelah itu, kehidupan masyarakat dunia akan menjadi lebih baik dan sejahtera.

Salah satu pengikut Sunda Empire pada akun Facebook Renny Khairani Miller membagikan sejumlah foto kegiatan Sunda Empire. Dia mengunggah beberapa foto dengan ratusan orang tampak mengenakan seragam yang mirip dengan militer. Pada foto yang diunggah pada 9 Juli 2019 itu terlihat spanduk bertuliskan Sunda Empire Earth Empire. (BACA JUGA: Polda Jabar Siapkan Langkah Hukum Atas Kemunculan Sunda Empire )
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.9994 seconds (0.1#10.140)