alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Dishub Cimahi Usulkan Bus Damri Gratis ke BIJB hingga Akhir 2020

Adi Haryanto
Dishub Cimahi Usulkan Bus Damri Gratis ke BIJB hingga Akhir 2020
Wali Kota Cimahi saat meresmikan layanan bus Damri jurusan Kota Cimahi-BIJB Kertajati, beberapa waktu lalu. Layanan gratis bus ini diperpanjang hingga Agustus 2020. Foto/Dok.SINDOnews

CIMAHI - Angkutan pelayanan bus Damri jurusan Kota Cimahi ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Kabupaten Majalengka, masih akan digratiskan hingga Agustus 2020.

Semula, angkutan yang diperuntukan bagi penumpang pesawat yang akan naik dan turun melalui BIJB Kertajati ini hanya akan digratiskan sampai akhir 2019.

"Untuk pelayanan bus gratis ini diperpanjang hingga Agustus 2020, tadinya kan hanya sampai Desember 2019," kata Kepala Seksi Angkutan, Dinas Perhubungan Kota Cimahi Ranto Sitanggang, Jumat (17/1/2020).



Dia menjelaskan, kepastian pelayanan gratis itu didapat setelah adanya evaluasi dengan pihak Damri, Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI.

Kendati begitu, pihaknya mengusulkan jika masa perpanjangan gratis bagi masyarakat yang menggunakan jasa angkutan tersebut diperpanjangnya hingga Desember 2020.

"Harapan kami sih bisa sampai Desember 2020 perpanjangan gratisnya. Usulan itu masih akan dibahas oleh Kemenhub maupun Damri," ujar dia.

Rinto menuturkan, pada rapat evaluasi itu juga dibahas perihal unit bus Damri yang digunakan. Saat ini, bus yang digunakan masih ukuran besar, sedangkan usulan yang mengemuka adalah bus besar itu akan digantikan dengan ukuran yang lebih kecil.

Pertimbangannya, karena jumlah penumpang yang berangkat rata-rata sekitar 25 orang. Termasuk usulan agar pengantar juga diperbolehkan ikut naik bus meski harus membayar.

Berdasarkan data sejak Agustus hingga Desember 2019, penumpang yang menggunakan bus Damri dari Cimahi ke BIJB Kertajati Majalengka, mencapai 3.742 orang. Rinciannya, Agustus 288 orang, September 961, Oktober 812, November 746, dan Desember 935 orang.

Melihat progres setiap bulannya, jumlah penumpang yang berangkat dari Cimahi ke BIJB Kertajati dan juga sebaliknya terdapat peningkatan signifikan. Mereka berasal dari Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Bandung Barat (KBB).

"Rata-rata per hari penumpangnya. hanya 25 orang kalau dari Cimahi. Kami juga mengusulkan agar ada perpanjangan trayek ke Soreang, Kabupaten Bandung, dan penumpang pengantar bisa ikut naik bus asalkan bayar. Karena selama ini kan pengantar tidak boleh ikut," imbuhnya.

Seperti diketahui layanan bus Damri gratis rute Cimahi-BIJB Kertajati sudah ada sejak Agustus, lalu diresmikan September 2019.

Lima unit bus subsidi bantuan dari Kemenhub RI itu mulai berangkat mulai pukul 02.00 WIB, pukul 06.00 WIB, pukul 11.00 WIB dan pukul 15.00 WIB dari kawasan The Edge, Baros, Kota Cimahi. Sedangkan dari BIJB Kertajati pukul 07.00 WIB, pukul 11.00 WIB, pukul 16.00 WIB dan pukul 22.00 WIB.



(awd)

preload video